Sabtu, 31 Januari 2009

SMK PIUS X Magelang .... ladangku.




PROFIL SMK PIUS X MAGELANG


Thn. berdiri 1953

Dibawah naungan Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Carolus Borromeus.

Dibawah managemen Yayasan Tarakanita.

Program Studi : TataBoga, TataBusana, Patiseri

Hubungi lebih lanjut :

(0293) 362956.... atau hubungi ke email : djaduq@live.com atau via blogger ini...

Kamis, 29 Januari 2009

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GNP 2008/2009 KLS 3

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 200....../20...

MATA DIKLAT / KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : III/SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : .....................................
WAKTU : 90 MENIT

BAB I

A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang di huruf pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut .....
A. Ekosistem D. Habitat
B. Populasi E. Bioma
C. Komunitas
2. Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu yang pada saat ini ramai diberitakan. Di dalam ekologi dipelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya. Untuk menyelesaikan masalah-masalah ekologi diperlukan dasar-dasar pengetahuan yang kuat dalam ilmu-ilmu yang lainnya. Dari pernyataan-pernyataan di bawah ini dapat disimpulkan bahwa:
A. Ekologi perlu mendapat dukungan oleh ilmu-ilmu sosial di antaranya adalah ilmu komunikasi masa.
B. Konsep-konsep kimia kurang dapat diterima untuk membantu memahami ekologi.
C. Ekologi dapat berkembang dengan baik apabila memahami konsep-konsep Fisika serta Kimia.
D. Ilmu-ilmu sosial kurang mendukung konsep-konsep ekologi.
E. Biologi banyak berhubungan dengan sejarah serta matematika.
3. Perbedaan antara komunitas dengan ekosistem adalah ....
a. Komunitas adalah merupakan tempat dari ekosistem, sedangkan ekosistem dari organisme yang menempatinya.
b. Komunitas adalah merupakan kumpulan dari berbagai spesies, sedangkan ekosistem adalah merupakan kumpulan satu spesies.
c. Komunitas adalah terdiri dari kumpulan spesies yang sama, sedang ekosistem adalah terdiri dari berbagai spesies.
d. Komunitas merupakan lingkungan biotiknya, sedangkan ekosistem adalah merupakan komunitas bersama dengan lingkungan biotiknya.
e. Ekosistem adalah merupakan tempat komunitas dan komunitas adalah sejenid organisme yang menempatinya.
4. Seorang petani menanam orok-orok di sela-sela tanamannya. Apa yang dikerjakan oleh petani ini merupakan usaha terpuji sebab.........
a. Dengan menanam orok-orok rumput yang lain dapat mati.
b. Sangat baik untuk pelindung tanaman budidaya.
c. Orok-orok mempunyai kemampuan menyerap air yang baik sehingga dapat menahan erosi
d. Dengan menanam orok-orok dapat mempertahankan kesuburan tanah.
e. Biji orok-orok dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
5. Tanah yang mengalami erosi akan kekurangan humus sehingga tidak subur lagi. Hal ini disebabkan karena humus berfungsi untuk .....
a. Melindungi tanah dari perubahan suhu lingkungan. D. Pengaturan pH tanah.
b. Mencegah penguapan air tanah. E. Sebagai pupuk.
c. Menahan air dan mengembalikan mineral
6. Kebakaran hutan sangat merugikan karena hutan yang terbakar memakan waktu lama untuk menjadi komunitas hutan lagi sebab.......
a. Suksesi ekologi diawali bukan oleh pohon berkayu.
b. Suhu yang tertinggi saat kebakaran merusak susunan tanah.
c. Mengeringnya sumber mata air di hutan tersebbut.
d. Punahnya benih-benih dari pohon yang asalnya tumbuh di situ.
e. Hutan gundul akibat kebakaran menyebabkan erosi hingga kesuburan tanah menurun.
7. Peran Alga dalam ekosistem antara lain sebagai vegetasi perintis, sebab........
a. Sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup.
b. Dapat hidup pada tempat yang tidak menguntungkan.
c. Dapat hidup di tempat yang kering.
d. Dapat mengubah lingkungan, sehingga organisme dapat hidup.
e. Alga tumbuhan kecil yang berhijau daun.
8. Rawa adalah habitat darat yang sampai saat ini belum dapat dibudidayakan, tetapi tetap ada manfaatnya, yaitu .....
a. Sumber bahan organik D. Tempat perlindungan berbagai jenis burung
b. Tempat persediaan ari E. Tempat pertumbuhan berbagai jenis rumput
c. Memelihara kelembaban udara.
9. Bagian laut yang paling berproduksi adalah bagian laut yang terdangkal disebabkan faktor, kecuali....
a. Populasi fitoplankton yang paling besar D. Banyak mengandung mineral
b. Keadaan airnya lebih dinamis E. Tempat hidup ikan besar.
c. Daerah yang masih dapat ditembus sinar matahari
10. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat (1) ikan karnivor, (2) bakteri pengurai, (3) fitoplanton, (4) ikan herbivor, (5) zat-zat anorganik. Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya..........
A. (3), (4), (5), (1), (2) D. (3), (4), (1), (5), (2)
B. (2), (5), (3), (4), (1) E. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (5), (3), (4), (2), (1)
11. Kalau terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar bahan itu yang paling tinggi akan didapatkan dalam ....
A. Air D.Tubuh hewan-hewan karnivor
B. Tumbuhan air E. Tubuh hewan-hewan herbivor
C. Tubuh serangga air
12. Pada suatu daerah terdapat kelompok organisme, (1) burung, (2) ular, (3) belalang dan kupu-kupu, (4) rumput-rumputan, (5) bakteri saprofit. Urut-urutan perpindahan energi dapat dituliskan sebagai berikut:
A. 1-2-4-5-3 D. 5-4-3-2-1
B. 1-4-2-3-5 E. 5-4-1-2
C. 4-3-2-1-5
13. Membuang sampah organik ke sungai tidak baik sebab....
A. Naiknya kadar mineral dalam air.
B. Penguraian sampah organik memerlukan adanya oksigen.
C. Sampah organik tidak terurai.
D. Menyebabkan makhluk anaerob mati.
E. Bertambahnya kadar CO2 dalam air.
14. Cara meningkatkan produksi manakah yang tidak akan menimbulkan perubahan pada keseimbangan alam?
A. Penggunaan pestisida D. Memperluas areal perladangan
B. Penggunaan herbisida E. Membasmi hama secara biologis
C. Pemakaian bibit unggul
15. Tahun 1883 Krakatau meletus meninggalkan tempat yang steril. Sekarang Krakatau tertutup oleh hutan dan terdapat di sana kurang sebih 1.200 spesies. Manakah yang tumbuh pertama kali di Krakatau?
A. Pohon berkayu D. Rumput
B. Tumbuhan paku E. Lumut kerak
C. Tumbuhan lumut
16. Apabila kotamu terletak di pinggir sebuah sungai besar, menurut pendapatnu,di manakah letak paling baik untuk pabrik/industri sehingga pengaruh polutannya secara langsung pada manusia menjadi sangat sedikit?
A. Dalam kota dekat bagian hilir sungai D. Di luar kota dekat bagian hulu sungai
B. Dalam kota dekat bagian hulu sungai E. Di luar kota dekat bagian hilir sungai
C. Dalam kota pada bagian pertengahan
17. Para ilmuwan berpendapat bahwa jutaan tahun yang lalu Mamalia tipe Australia sangat berbeda dari tipe Mamalia lainnya. Hal ini disebabkan .....
A. Anaknya berkembang dalam kantung.
B. Terjadi evolusi dalam lingkungan yang terisolasi.
C. Perkembangan alat reproduksi yang homolog dengan placenta.
D. Tumbuh dalam lingkungan iklim khas.
E. Hidup di daerah yang sangat luas yang berpopulasi sangat sedikit.
18. Punahnya burung di hutan karena habis diburu akan menyebabkan......
A. Perubahan keseimbangan alam di hutan tersebut.
B. Hanya hewan pemakan burung itu saja yang akan musnah.
C. Tidak semua hewan di dalam hutan akan musnah.
D. Hanya semua hewan yang ada di dalam hutan akan musnah.
E. Populasi makhluk hidup tidak akan mengalami perubahan kecuali bertambahnya populasi makanan burung.
19. Bentuk interaksi antara tanaman padi dengan burung pipit adalah .....
A. Parasitisme, karena bila padi mati burung pipit akan mati.
B. predasi, karena matinya burung pipit akan meningkatkan pertumbuhan padi.
C. Komensalisme, karena burung pipit untung, sedang padi tidak rugi.
D. kompetisi karena burung pipit dan padi menempati habitat sama
E. predasi, karena burung pipit memakan biji padi.
20. Pada ekosistem yang komponen-komponen biotiknya berada dalam keadaan seimbang, maka akan ditemukan komponen-komponen.......
A. Konsumen-produsen-detritivora, dan cahaya matahari
B. Mineral-produsen-konsumen-dekomposer
C. Pengurai-mineral-tanah-tumbuhan
D. Tanah-air-tumbuhan-hewan.
E. Produsen-konsumen-detritivora-dekomposer
21. Perpindahan energi dan materi dari organisme yang satu ke organisme yang lain secara satu arah melalui proses memakan dan dimakan disebut....
A. Rantai makanan D. Jaring-jaring makanan
B. Produktivitas ekosistem E. Piramida makanan
C. Aliran energi
22. Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan antarorganisme pada masing-masing taraf trofi maka lebih tepat digunakan piramida....
A. biomasa dan piramida energi D. Ekologi dan piramida energi
B. jumlah dan piramida energi E. Jumlah dan piramida biomasa
C. jumlah dan ekologi
23. Jumlah total energi kimia yang berupa bahan organik yang dibentuk oleh tumbuhan per satuan luas, per satuan waktu disebut.......
A. Produktivitas primer D. Produktivitas kotor
B. Produksi primer E. Produktivitas primer bersih
C. Produktivitas sekunder
24. DI antara pernyatan berikut ini yang benar adalah ....
A. nitrifikasi menguntungkan tumbuhan D. Denitrifikasi menguntungkan tumbuhan
B. nitritasi menghambat pertumbuhan E. Denitrifikasi meningkatkan kesuburan tanah
C. nitrifikasi menurunkan kadar nitrat
25. Di dalam proses sukseci sering ditemukan organisme yang melakukan inasi dan dapat hidup, sehingga membuka kemungkinan organisme lain tumbuh pada ekosistem ini, disebut.....
A.Organisme pioner D. Konsumen pioner
B. konsumen pemula E. Organisme heterotrop
C. tumbuhan pembuka
26. Penggunaan pestisida untuk pemberantasan hama ternyata sangat merugikan manusia, sebab penggunaan bahan tersebut dapat ....
A. mematikan hewan pengganggu D. Menyebabkan berubahnya iklim
B. merusak keseimbangan lingkungan E. Dapat meracuni ekosistem
C. membunuh semua organisme yang bermanfaat.
27. Meningkatnya serangan hama wereng terhadap tanaman padi merupakan petunjuk bahwa.....
A. Pestisida yang digunakan berkualitas rendah D. Wereng sudah menjadi kebal pestisida
B.terbunuhnya parasitoit wereng oleh pestisida E. Terbunuhnya predator wereng oleh pestisida
C. turunnya makanan wereng pada lingkungan aslinya.
28. Pembasmian sebagian komponen biotik lingkungan dapat membahayakan keseimbangan ekosistem sebab dapat mengakibatkan.........
A. meningkatnya populasi komponen biotik predatornya
B. menurunnya populasi komponen biotik yang menjadi makanannya.
C. menyebabkan rusaknya lapisan humus tanah.
D. terancamnya produktivitas produsen dalam ekosistem.
E. terputusnya rantai makanan dan aliran energi.
29. Suatu zat dikatakan menjadi pencemar lingkungan bila memenuhi persyaratan berikut, kecuali....
A. jumlahnya berlebihan D. Membahayakan keseimbangan lingkungan
B. berada pada tempat yang tidak semsetinya E. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. jumlahnya melimpah dan bermanfaat bagi manusia
30. Kebijakan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut........
A. etika lingkungan D. Mutu lingkungan
B. Tdaya dukung lingkungan E. Kelestarian lingkungan
C. bergaul dengan lingkungan

B. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan benar !
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
9. Sebutkanlah faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan berkurangnya oksigen yang terlarut di dalam tubuh air !
10. Berbagai kasus pencemaran oleh limbah-limbah menyebabkan semakin merosotnya kualitas lingkungan terlebih kualitas air pada umumnya baik kualitas atau kuantitas. Dari berbagai bentuk dampak yang terjadi, maka perlu diadakan langkah untuk mengamankan sumberdaya air yang ada. Terdapat 3 langkah pendekatan yang diambil untuk mengelola sumberdaya air untuk pembangunan masa depan yakni:
1. Ikhtiar membesarkan kemampuan kita menyimpan dan menahan aliran mantap.
2. meningkatkan efesiensi dalam penggunaan air.
3. berusaha memelihara kualitas air sehingga penggunaannya dapat semaksimal mungkin dan ikhtiar daur terbuka.
Dari ulasan tersebut diatas, sebutkanlah tindakan tehnis untuk mengamankan sumberdaya air !

Kunci Jawaban:
Bagian A:
1. A 2. A 3. E 4. D 5. E 6. A 7. D 8. D 9. E 10. E
11. D 12. C 13. B 14. C 15. C 16. E 17. B 18. A 19. A 20. E
21. B 22. B 23. B 24. A 25. A 26. B 27. E 28. E 29. C 30. A

Bagian B:
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
Jawaban: Ekosistem adalah kesatuan fungsi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan. Setiap ekosistem memiliki dua komponen pokok yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan kompnen abiotik (benda mati). Komponen biotik misalnya tumbuhan, hewan, mikroorganisme, manusia dll. Komponen abiotik misalnya air, tanah, sinar matahari, mineral, udara dll.
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
Jawaban: Produsen yakni organisme yang dapat menyusun senyawa organik dari bahan anorganik, menjadi makanannya sendiri. Karenanya produsen dapat dikatakan unsur primer sebagai pendukung unsur-unsur di atasnya. Jadi jika ekosistem kekurangan produsen maka keseimbangan ekosistem itu mula-mula akan berubah yang kemudian akan stabil legi dengan proporsi yang sama.
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
Jawaban: Inti jawabannya adalah seperti di bawah ini. Tetapi siswa bisa mempertegas dengan mencontohkan jenis ekosistemnya, kemudian unsur-unsur yang ia sebutkan.
Iklim
Tanah
Tumbuhann





4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
Jawaban : matahari merupakan sumber energi yang keberadaannya mempengaruhi tetapi tidak dipengaruhi oleh komponen ekosistem lainnya.
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
Jawaban : Tikus menempati posisi sebagai herbivora dan sebagai makanan karnivora tingkat I. Tikus memiliki musuh alami atau predator alami. Jika populasi tikus habis maka akan mempengaruhi keberadaan predator tersebut. Dalam jangka panjang keseimbangan ekosistem sawah akan bergesar. Selain itu tikus juga memiliki kompetitor, dengan demikian habisnya tikus belum tentu panen padi petani tidak terancam gagal.
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
Jawaban : Taraf trofi adalah tingkatan dalam rantai makanan. Produsen di anggap sebagai taraf trofi pertama. Dalam penghitungan biasanya akan terdapat penurunan jumlah hewan dari taraf trofi kedua ke arah taraf trofi berikutnya. Tumbuhan dalam taraf trofi pertama biasanya juga melebihi jumlahnya daripada hewan di taraf trofi kedua. Hal ini akan menghasilkan piramida jumlah. Taraf trofi akan berhenti bila taraf trofi sudah berada pada posisi puncak (karnivor puncak).
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
Jawaban : Paling ideal dan mendasar untuk menunjukkan hubungan antar organisme pada tiap taraf trofi adalah dengan piramida energi, sebab piramida energi memperhitungkan kecepatan produksi. Berbeda dengan piramida jumlah dan biomass yang menyatakan keadaan organisme hanya pada sesaat waktu saja. Tiap batang segiempat pada piramida energi, menyatakan jumlah energi tiap satuan luas atau volum yang masuk ke taraf trofi dalam waktu yang terukur (misalnya per jam, per hari, per tahun).
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
Jawaban : Ada dua dampak negatif yang pasti terjadi terjadi akibat eksploitasi sumber daya alam (komponen ekosistem) yaitu: 1). Polusi dan kerusakan lingkungan, 2). Perubahan lingkungan dengan berbagai dampaknya. Kedua dampak ini pasti menyangkut pada makhluk hidup dan manusia.

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GSL 2008/2009 KLS 3

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 200....../20...

MATA DIKLAT / KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : III/SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : .....................................
WAKTU : 90 MENIT


A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang di huruf pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut .....
A. Ekosistem D. Habitat
B. Populasi E. Bioma
C. Komunitas
2. Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu yang pada saat ini ramai diberitakan. Di dalam ekologi dipelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya. Untuk menyelesaikan masalah-masalah ekologi diperlukan dasar-dasar pengetahuan yang kuat dalam ilmu-ilmu yang lainnya. Dari pernyataan-pernyataan di bawah ini dapat disimpulkan bahwa:
A. Ekologi perlu mendapat dukungan oleh ilmu-ilmu sosial di antaranya adalah ilmu komunikasi masa.
B. Konsep-konsep kimia kurang dapat diterima untuk membantu memahami ekologi.
C. Ekologi dapat berkembang dengan baik apabila memahami konsep-konsep Fisika serta Kimia.
D. Ilmu-ilmu sosial kurang mendukung konsep-konsep ekologi.
E. Biologi banyak berhubungan dengan sejarah serta matematika.
3. Perbedaan antara komunitas dengan ekosistem adalah ....
a. Komunitas adalah merupakan tempat dari ekosistem, sedangkan ekosistem dari organisme yang menempatinya.
b. Komunitas adalah merupakan kumpulan dari berbagai spesies, sedangkan ekosistem adalah merupakan kumpulan satu spesies.
c. Komunitas adalah terdiri dari kumpulan spesies yang sama, sedang ekosistem adalah terdiri dari berbagai spesies.
d. Komunitas merupakan lingkungan biotiknya, sedangkan ekosistem adalah merupakan komunitas bersama dengan lingkungan biotiknya.
e. Ekosistem adalah merupakan tempat komunitas dan komunitas adalah sejenid organisme yang menempatinya.
4. Seorang petani menanam orok-orok di sela-sela tanamannya. Apa yang dikerjakan oleh petani ini merupakan usaha terpuji sebab.........
a. Dengan menanam orok-orok rumput yang lain dapat mati.
b. Sangat baik untuk pelindung tanaman budidaya.
c. Orok-orok mempunyai kemampuan menyerap air yang baik sehingga dapat menahan erosi
d. Dengan menanam orok-orok dapat mempertahankan kesuburan tanah.
e. Biji orok-orok dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
5. Tanah yang mengalami erosi akan kekurangan humus sehingga tidak subur lagi. Hal ini disebabkan karena humus berfungsi untuk .....
a. Melindungi tanah dari perubahan suhu lingkungan. D. Pengaturan pH tanah.
b. Mencegah penguapan air tanah. E. Sebagai pupuk.
c. Menahan air dan mengembalikan mineral
6. Kebakaran hutan sangat merugikan karena hutan yang terbakar memakan waktu lama untuk menjadi komunitas hutan lagi sebab.......
a. Suksesi ekologi diawali bukan oleh pohon berkayu.
b. Suhu yang tertinggi saat kebakaran merusak susunan tanah.
c. Mengeringnya sumber mata air di hutan tersebbut.
d. Punahnya benih-benih dari pohon yang asalnya tumbuh di situ.
e. Hutan gundul akibat kebakaran menyebabkan erosi hingga kesuburan tanah menurun.
7. Peran Alga dalam ekosistem antara lain sebagai vegetasi perintis, sebab........
a. Sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup.
b. Dapat hidup pada tempat yang tidak menguntungkan.
c. Dapat hidup di tempat yang kering.
d. Dapat mengubah lingkungan, sehingga organisme dapat hidup.
e. Alga tumbuhan kecil yang berhijau daun.
8. Rawa adalah habitat darat yang sampai saat ini belum dapat dibudidayakan, tetapi tetap ada manfaatnya, yaitu .....
a. Sumber bahan organik D. Tempat perlindungan berbagai jenis burung
b. Tempat persediaan ari E. Tempat pertumbuhan berbagai jenis rumput
c. Memelihara kelembaban udara.
9. Bagian laut yang paling berproduksi adalah bagian laut yang terdangkal disebabkan faktor, kecuali....
a. Populasi fitoplankton yang paling besar D. Banyak mengandung mineral
b. Keadaan airnya lebih dinamis E. Tempat hidup ikan besar.
c. Daerah yang masih dapat ditembus sinar matahari
10. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat (1) ikan karnivor, (2) bakteri pengurai, (3) fitoplanton, (4) ikan herbivor, (5) zat-zat anorganik. Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya..........
A. (3), (4), (5), (1), (2) D. (3), (4), (1), (5), (2)
B. (2), (5), (3), (4), (1) E. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (5), (3), (4), (2), (1)
11. Kalau terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar bahan itu yang paling tinggi akan didapatkan dalam ....
A. Air D.Tubuh hewan-hewan karnivor
B. Tumbuhan air E. Tubuh hewan-hewan herbivor
C. Tubuh serangga air
12. Pada suatu daerah terdapat kelompok organisme, (1) burung, (2) ular, (3) belalang dan kupu-kupu, (4) rumput-rumputan, (5) bakteri saprofit. Urut-urutan perpindahan energi dapat dituliskan sebagai berikut:
A. 1-2-4-5-3 D. 5-4-3-2-1
B. 1-4-2-3-5 E. 5-4-1-2
C. 4-3-2-1-5
13. Membuang sampah organik ke sungai tidak baik sebab....
A. Naiknya kadar mineral dalam air.
B. Penguraian sampah organik memerlukan adanya oksigen.
C. Sampah organik tidak terurai.
D. Menyebabkan makhluk anaerob mati.
E. Bertambahnya kadar CO2 dalam air.
14. Cara meningkatkan produksi manakah yang tidak akan menimbulkan perubahan pada keseimbangan alam?
A. Penggunaan pestisida D. Memperluas areal perladangan
B. Penggunaan herbisida E. Membasmi hama secara biologis
C. Pemakaian bibit unggul
15. Tahun 1883 Krakatau meletus meninggalkan tempat yang steril. Sekarang Krakatau tertutup oleh hutan dan terdapat di sana kurang sebih 1.200 spesies. Manakah yang tumbuh pertama kali di Krakatau?
A. Pohon berkayu D. Rumput
B. Tumbuhan paku E. Lumut kerak
C. Tumbuhan lumut
16. Apabila kotamu terletak di pinggir sebuah sungai besar, menurut pendapatnu,di manakah letak paling baik untuk pabrik/industri sehingga pengaruh polutannya secara langsung pada manusia menjadi sangat sedikit?
A. Dalam kota dekat bagian hilir sungai D. Di luar kota dekat bagian hulu sungai
B. Dalam kota dekat bagian hulu sungai E. Di luar kota dekat bagian hilir sungai
C. Dalam kota pada bagian pertengahan
17. Para ilmuwan berpendapat bahwa jutaan tahun yang lalu Mamalia tipe Australia sangat berbeda dari tipe Mamalia lainnya. Hal ini disebabkan .....
A. Anaknya berkembang dalam kantung.
B. Terjadi evolusi dalam lingkungan yang terisolasi.
C. Perkembangan alat reproduksi yang homolog dengan placenta.
D. Tumbuh dalam lingkungan iklim khas.
E. Hidup di daerah yang sangat luas yang berpopulasi sangat sedikit.
18. Punahnya burung di hutan karena habis diburu akan menyebabkan......
A. Perubahan keseimbangan alam di hutan tersebut.
B. Hanya hewan pemakan burung itu saja yang akan musnah.
C. Tidak semua hewan di dalam hutan akan musnah.
D. Hanya semua hewan yang ada di dalam hutan akan musnah.
E. Populasi makhluk hidup tidak akan mengalami perubahan kecuali bertambahnya populasi makanan burung.
19. Bentuk interaksi antara tanaman padi dengan burung pipit adalah .....
A. Parasitisme, karena bila padi mati burung pipit akan mati.
B. predasi, karena matinya burung pipit akan meningkatkan pertumbuhan padi.
C. Komensalisme, karena burung pipit untung, sedang padi tidak rugi.
D. kompetisi karena burung pipit dan padi menempati habitat sama
E. predasi, karena burung pipit memakan biji padi.
20. Pada ekosistem yang komponen-komponen biotiknya berada dalam keadaan seimbang, maka akan ditemukan komponen-komponen.......
A. Konsumen-produsen-detritivora, dan cahaya matahari
B. Mineral-produsen-konsumen-dekomposer
C. Pengurai-mineral-tanah-tumbuhan
D. Tanah-air-tumbuhan-hewan.
E. Produsen-konsumen-detritivora-dekomposer
21. Perpindahan energi dan materi dari organisme yang satu ke organisme yang lain secara satu arah melalui proses memakan dan dimakan disebut....
A. Rantai makanan D. Jaring-jaring makanan
B. Produktivitas ekosistem E. Piramida makanan
C. Aliran energi
22. Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan antarorganisme pada masing-masing taraf trofi maka lebih tepat digunakan piramida....
A. biomasa dan piramida energi D. Ekologi dan piramida energi
B. jumlah dan piramida energi E. Jumlah dan piramida biomasa
C. jumlah dan ekologi
23. Jumlah total energi kimia yang berupa bahan organik yang dibentuk oleh tumbuhan per satuan luas, per satuan waktu disebut.......
A. Produktivitas primer D. Produktivitas kotor
B. Produksi primer E. Produktivitas primer bersih
C. Produktivitas sekunder
24. DI antara pernyatan berikut ini yang benar adalah ....
A. nitrifikasi menguntungkan tumbuhan D. Denitrifikasi menguntungkan tumbuhan
B. nitritasi menghambat pertumbuhan E. Denitrifikasi meningkatkan kesuburan tanah
C. nitrifikasi menurunkan kadar nitrat
25. Di dalam proses sukseci sering ditemukan organisme yang melakukan inasi dan dapat hidup, sehingga membuka kemungkinan organisme lain tumbuh pada ekosistem ini, disebut.....
A.Organisme pioner D. Konsumen pioner
B. konsumen pemula E. Organisme heterotrop
C. tumbuhan pembuka
26. Penggunaan pestisida untuk pemberantasan hama ternyata sangat merugikan manusia, sebab penggunaan bahan tersebut dapat ....
A. mematikan hewan pengganggu D. Menyebabkan berubahnya iklim
B. merusak keseimbangan lingkungan E. Dapat meracuni ekosistem
C. membunuh semua organisme yang bermanfaat.
27. Meningkatnya serangan hama wereng terhadap tanaman padi merupakan petunjuk bahwa.....
A. Pestisida yang digunakan berkualitas rendah D. Wereng sudah menjadi kebal pestisida
B.terbunuhnya parasitoit wereng oleh pestisida E. Terbunuhnya predator wereng oleh pestisida
C. turunnya makanan wereng pada lingkungan aslinya.
28. Pembasmian sebagian komponen biotik lingkungan dapat membahayakan keseimbangan ekosistem sebab dapat mengakibatkan.........
A. meningkatnya populasi komponen biotik predatornya
B. menurunnya populasi komponen biotik yang menjadi makanannya.
C. menyebabkan rusaknya lapisan humus tanah.
D. terancamnya produktivitas produsen dalam ekosistem.
E. terputusnya rantai makanan dan aliran energi.
29. Suatu zat dikatakan menjadi pencemar lingkungan bila memenuhi persyaratan berikut, kecuali....
A. jumlahnya berlebihan D. Membahayakan keseimbangan lingkungan
B. berada pada tempat yang tidak semsetinya E. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. jumlahnya melimpah dan bermanfaat bagi manusia
30. Kebijakan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut........
A. etika lingkungan D. Mutu lingkungan
B. Tdaya dukung lingkungan E. Kelestarian lingkungan
C. bergaul dengan lingkungan

B. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan benar !
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
9. Sebutkanlah faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan berkurangnya oksigen yang terlarut di dalam tubuh air !
10. Berbagai kasus pencemaran oleh limbah-limbah menyebabkan semakin merosotnya kualitas lingkungan terlebih kualitas air pada umumnya baik kualitas atau kuantitas. Dari berbagai bentuk dampak yang terjadi, maka perlu diadakan langkah untuk mengamankan sumberdaya air yang ada. Terdapat 3 langkah pendekatan yang diambil untuk mengelola sumberdaya air untuk pembangunan masa depan yakni:
a. Ikhtiar membesarkan kemampuan kita menyimpan dan menahan aliran mantap.
b. meningkatkan efesiensi dalam penggunaan air.
c. berusaha memelihara kualitas air sehingga penggunaannya dapat semaksimal mungkin dan ikhtiar daur terbuka.
Dari ulasan tersebut diatas, sebutkanlah tindakan tehnis untuk mengamankan sumberdaya air !

Kunci Jawaban:
Bagian A:
1. A 2. A 3. E 4. D 5. E 6. A 7. D 8. D 9. E 10. E
11. D 12. C 13. B 14. C 15. C 16. E 17. B 18. A 19. A 20. E
21. B 22. B 23. B 24. A 25. A 26. B 27. E 28. E 29. C 30. A
Bagian B:
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
Jawaban: Ekosistem adalah kesatuan fungsi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan. Setiap ekosistem memiliki dua komponen pokok yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan kompnen abiotik (benda mati). Komponen biotik misalnya tumbuhan, hewan, mikroorganisme, manusia dll. Komponen abiotik misalnya air, tanah, sinar matahari, mineral, udara dll.
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
Jawaban: Produsen yakni organisme yang dapat menyusun senyawa organik dari bahan anorganik, menjadi makanannya sendiri. Karenanya produsen dapat dikatakan unsur primer sebagai pendukung unsur-unsur di atasnya. Jadi jika ekosistem kekurangan produsen maka keseimbangan ekosistem itu mula-mula akan berubah yang kemudian akan stabil legi dengan proporsi yang sama.
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
Jawaban: Inti jawabannya adalah seperti di bawah ini. Tetapi siswa bisa mempertegas dengan mencontohkan jenis ekosistemnya, kemudian unsur-unsur yang ia sebutkan.
Iklim
Tanah
Tumbuhan



4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
Jawaban : matahari merupakan sumber energi yang keberadaannya mempengaruhi tetapi tidak dipengaruhi oleh komponen ekosistem lainnya.
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
Jawaban : Tikus menempati posisi sebagai herbivora dan sebagai makanan karnivora tingkat I. Tikus memiliki musuh alami atau predator alami. Jika populasi tikus habis maka akan mempengaruhi keberadaan predator tersebut. Dalam jangka panjang keseimbangan ekosistem sawah akan bergesar. Selain itu tikus juga memiliki kompetitor, dengan demikian habisnya tikus belum tentu panen padi petani tidak terancam gagal.
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
Jawaban : Taraf trofi adalah tingkatan dalam rantai makanan. Produsen di anggap sebagai taraf trofi pertama. Dalam penghitungan biasanya akan terdapat penurunan jumlah hewan dari taraf trofi kedua ke arah taraf trofi berikutnya. Tumbuhan dalam taraf trofi pertama biasanya juga melebihi jumlahnya daripada hewan di taraf trofi kedua. Hal ini akan menghasilkan piramida jumlah. Taraf trofi akan berhenti bila taraf trofi sudah berada pada posisi puncak (karnivor puncak).
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
Jawaban : Paling ideal dan mendasar untuk menunjukkan hubungan antar organisme pada tiap taraf trofi adalah dengan piramida energi, sebab piramida energi memperhitungkan kecepatan produksi. Berbeda dengan piramida jumlah dan biomass yang menyatakan keadaan organisme hanya pada sesaat waktu saja. Tiap batang segiempat pada piramida energi, menyatakan jumlah energi tiap satuan luas atau volum yang masuk ke taraf trofi dalam waktu yang terukur (misalnya per jam, per hari, per tahun).
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
Jawaban : Ada dua dampak negatif yang pasti terjadi terjadi akibat eksploitasi sumber daya alam (komponen ekosistem) yaitu: 1). Polusi dan kerusakan lingkungan, 2). Perubahan lingkungan dengan berbagai dampaknya. Kedua dampak ini pasti menyangkut pada makhluk hidup dan manusia.
9. Sebutkanlah faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan berkurangnya oksigen yang terlarut di dalam tubuh air !
Jawaban : Keseimbangan oksigen di dalam massa air sangat ditentukan 3 faktor utama, yakni :
a. Pengaerasian kembali, melarutnya oksigen atmosfer pada permukaan air;
b. proses fotosintesa di dalam air; dan
c. penambahan oksigen ke dalam badan air melalui buangan anak sungai.
Berkurangnya pasokan oksigen didalam air disebabkan karena : 1) pernapasan aerob, dimana kegiatan mahkluk hidup yang ada di dalam tubuh air, baik jasad renik, tanaman, ikan, dan mahluk hidup yang besar membutuhkan oksigen. 2). Ekspor, dimana buangan air yang mengadung oksigen terlarut, dan 3) Deaerasi, terjadi jika kejenuhan sudah melebihi 100% terdapat oksigen terlarut (DO/ Dissolved Oxygen) yang hilang dari massa air.
10. Berbagai kasus pencemaran oleh limbah-limbah menyebabkan semakin merosotnya kualitas lingkungan terlebih kualitas air pada umumnya baik kualitas atau kuantitas. Dari berbagai bentuk dampak yang terjadi, maka perlu diadakan langkah untuk mengamankan sumberdaya air yang ada. Terdapat 3 langkah pendekatan yang diambil untuk mengelola sumberdaya air untuk pembangunan masa depan yakni:
1. Ikhtiar membesarkan kemampuan kita menyimpan dan menahan aliran mantap.
2. meningkatkan efesiensi dalam penggunaan air.
3. berusaha memelihara kualitas air sehingga penggunaannya dapat semaksimal mungkin dan ikhtiar daur terbuka.
Dari ulasan tersebut diatas, sebutkanlah tindakan tehnis untuk mengamankan sumberdaya air !
Jawaban :
a. Pencegahan penggundulan hutan.
b. Penggunaan tataguna lahan yang berimbang terhadap lingkungan.
c. Pelestarian lahan resapan.
d. Menghindari pencemaran atau eksploitasi ekosistem baik darat atau ekosistem air tawar .
e. Hemat air.

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GNP 2008/2009 KLS 2

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 200....200....

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : II/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : _________________________
WAKTU : ________________(90 menit)


A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!

1. Proses penguraian bahan organik yang dilakukan oleh mikroorganisme disebut .........
A. asimilasi D. katabolisme
B. biodegradasi E. anabolisme
C. metabolisme
2. Cara mengidentifikasi polusi air dilakukan dengan berbagai cara, kecuali ….
A. menguji kandungan bahan organik D. mengukur populasi bakteri
B. menguji kecepatan aliran sungai E. mengukur intensitas bau
C. menguji tingkat kekeruhan air
3. Kondisi perairan yang alirannya lambat dan banyak polutan yang terurai sehingga perairan menjadi subur disebut ….
A. autotrof D. Kemoautotrof
B. eutrofikasi E. entrofi
C. heterotrofi
4. Berikut ini adalah dampak pencemaran lingkungan perairan kecuali ….
A. peningkatan suhu air D.bertambahnya oksigen dalam air
B. penurunan oksigen terlarut E. kekeruhan air
C. meningkatnya bahan organik
5. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuangan air limbah, kecuali ….
A. tidak boleh mengotori air tanah dan air permukaan
B. tidak boleh terbuka karena merupakan sarang penyakit
C. tidak boleh menyebabkan bau
D. pembuangan harus terbuka agar air cepat menguap
E. tidak boleh menggenang sembarangan
6. Karbon Monoksida (CO) merupakan polutan udara yang dapat menyebabkan ….
A. gangguan respirasi manusia D. Terbentuk hujan asam
B. peningkatan suhu udara E. Batuk berdarah
C. korosi pada logam
7. Penumpukan limbah berbahaya pada organisme akuatik paling tinggi terdapat pada .....
A. rumput laut D. ikan teri
B. udang E. penyu
C. ikan hiu
8. Di danau atau bendungan yang dipakai untuk keramba kadang-kadang mengalami musibah kematian ikan dalam jumlah besar, hal ini disebabkan....
A. adanya penyebaran racun oleh pencuri D. adanya gas beracun hasil biodegradasi sisa pakan
B. penurunan julmah air E. penaikan suhu air akibat sinar matahari
C. adanya limbah beracun yang memasuki perairan
9. Peningkatan jumlah sinar ultra violet ke bumi dapat membahayakan kesehatan manusia, yaitu ….
A. kanker kulit D. Mutasi genetik
B. kanker paru-paru E. oedema paru-paru
C. iritasi mata
10. Gas berkut ini yang termasuk pencemar primer pada udara adalah ....
A. SO3 D. CO2
B. NO2 E. CO
C. NH3
11. Berikut ini yang bukan dampak dari kejadian pemanasan global adalah ......
A. pencairan salju di kutub D. Penurunan kadar garam di pesisir
B. perubahan iklim global E. pelepasan karbon dalam tanah
C. perubahan siklus hidup flora dan fauna
12. Jumlah sampah yang dihasilkan ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini, kecuali :
A. standar hidup D. cara pengelolaan sampah
B. musim dan waktu E. pengolahan sampah
C. kebiasaan hidup masyarakat
13. Bahan atau sisa pengelolaan yang tidak mudah membusuk dalam penanganan limbah diistilahkan dengan :
A. Garbage D. Dead animal
B. Rubbish E. Industrial waste
C. Ashes
14. Pembakaran sampah secara besar-besaran melalui fasilitas pabrik yang khusus dibangun untuk itu, dinamakan :
A. Inceneration D. Sanitary landfill
B. Composting E. Dumping
C.Landfill
15. Yang dimaksud dengan “Recycling” adalah :
A. Pembuangan sampah di tempat yang rendah
B. Pembakaran sampah yang dilakukan secara perorangan
C. Pengolahan sampah dengan maksud dipakai kembali menjadi barang siap pakai
D. Pembuangan sampah dengan cara menimbun
E. Pengolahan sampah menjadi pupuk
16. Radiasi ultra violet yang paling berbahaya bagi makhluk hidup ditimbulkan oleh .......
A. UV-A D. UV-D
B. UV B E. UV- E
C. UV-C
17. Indikator yang digunakan untuk evaluasi penentuan derajat pengotoran air limbah secara kimiawi, adalah :
A. warna dan endapan D. bakteri E. Coli
B. COD dan bakteri E.Coli E. BOD dan COD
C. BOD dan endapan
18.Senyawa perusak ozon yang paling awet keberadaannya di udara adalah .....
A. Halon 1301 D. CFC-13
B. CFC-11 E. CFC-14
C. CFC-12
19. Pengolahan limbah cair dengan cara memasukkan ke dalam tempat menyerupai sumur disebut :
A. pengenceran D. seepage pit
B. septik tank E. riool
C. cesspool
20. Tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lapisan ozon antara lain.....
A. meningkatkan penggunaan parfum model aerosol
B. meningkatkan penggunaan parfum model roll on
C. mengurangi penggunaan parfum model aerosol
D. mengurangi penggunaan parfum model roll on
E. menggunalkan parfum non alkohol
21. Berikut ini termasuk cara penanganan limbah secara sederhana, kecuali....
A. pengomposan D. pembakaran
B. penumpukan E. sanitary landfill
C. produksi biogas
22. Berikut ini merupakan salah satu syarat untuk menentukan tempat pengumpulan sampah yaitu.....
A. konstruksinya kuat & tidak bocor D. terdapat pintu masuk dan pintu keluar
B. ukurannya tidak terlalu besar E. mudah dibuka dan ditutup
C. mudah diangkat ole satu orang

23. Berikut ini adalah syarat tempat pembuangan sampah, kecuali....
A. lokasi mudah dicapai oleh pejalan kaki D. lokasi jauh dengan pemukiman
B. lokasi jauh dari sumber air E. lokasi jauh dengan kegiatan perekonomian
C. lokasi harus yang bebas banjir
24. Yang bukan termasuk cara pengolahan air limbah secara alami adalah ....
A. kolam anaerob D. kolam fakultatif
B. kolam maturasi E. kolam aerob
C. IPAL
25. Yang bukan termasuk tertiary treatment dalam pengolahan limbah cari adalah ....
A. anaerobic digestion D. Penurunan mineral Fe atau Mn
B. filtrasi E. adsorbsi
C. osmosis bolak-balik
26. Jenis mikrobia yang mampu memecah selulosa paling baik adalah...
A. Methano bacillus D. Methano sarcina
B. Trichoderma E. Methano coccus
C. Methano bacterium
27. Berikut ini adalah jenis mikrobia yang mampu menghasilkan biogas kecuali ...
A. Methano bacillus D. Methano sarcina
B. Trichoderma E. Methano coccus
C. Methano bacterium
28. Gas yang dihasilkan dari fermentasi limbah organik adalah.....
A. metanol D. metena
B. etanol E. metana
C. etana
29. Bahan kimia yang digunakan untuk proses pulping agar dihasilkan jenis kertas kraf adalah....
A. Kaustik soda & Sodium sulfat D. Kalsium sulfat & Sodium sulfat
B. Kaustik soda & Amonium sulfit E. Sodium sulfat & Asam sulfat
C. Amonium sulfit & Sodium sulfat
30. Pada proses penanganan limbah gas dengan metode lime slurry scrubbing terjadi reaksi kimia sebagai berikut :
A. CaCO3 + SO2 → CaSO3 + CO2 D. Na2SO3 + H2O + SO2 → 2 NaHSO3
B. Ca(OH)2 + SO2 → CaSO3 + H2O E. NaOH + SO2 → Na2SO3 + H2O
C. Mg(OH)2 + SO2 → MgSO3 + H2O

B. Jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat !
1. Jelaskan pengaruh polusi air terhadap kualitas hidup manusia !
2. Berikan contoh penyakit yang timbul karena bakteri patogen akibat polusi air !
3. Bagaimana proses terjadinya hujan asam, dan pemanasan global ?
4. Bagaimana pengaruh oksigen dalam kehidupan di perairan ?
5. Jelaskan tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam penangan limbah padat !
6. Sebutkan indikator-indikator yang dapat mendeteksi adanya pencemaran oleh air limbah !
7. Apa yang kamu ketahui tentang : Sampah organik dan Sampah anorganik ?
8. Sebutkan cara-cara pemusnahan sampah yang benar !
9. Hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pengomposan sehingga diperoleh kompos yang baik ?
10. Apa yang dimaksud dengan C/N ratio ? jelaskan pengaruhnya terhadap proses pengomposan !

KUNCI JAWABAN :
Bagiamn A:
1. B 2. B 3. B 4. D 5. D 6. A 7. C 8. D 9. A 10. E
11. D 12. E 13. B 14. A 15. C 16. C 17. E 18. A 19. E 20. C
21. C 22. D 23. A 24. C 25. A 26. B 27. B 28. E 29. A 30. B

Bagian B:
1. Jelaskan pengaruh polusi air terhadap kualitas hidup manusia !
Jawaban: Bahan-bahan polutan membawa berbagai pengaruh terhadap kesehatan manusia. Air digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari, seperti minum, memasak, mandi dan mencuci. Air yang sehat untuk dikonsumsi adalah air yang mempunyai sifat tak berbau, tak berwarna dan jernih. Namun yang kita jumpai di lingkungan kita adalah air yang mempunyai sifat keruh, berwarna coklat atau hijau, berbau merangsang dan adakalanya bercampur dengan sampah atau limbah. Air yang demikian disebut dengan air yang terkena dampak polusi. Polutan air dapat mengganggu kehidupan manusia yang mengkonsumsinya. Pencemaran secara biologi, misalnya bakteri patogen dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti : Vibrio cholerae, penyebab kolera; Shigella dysenteriae, penyebab disentri basiler; Salmonella typhosa, penyebab tifus; Salmonella paratyphii, penyebab paratifus, virus polio dan hepatitis.
Penggunaan air yang tidak memenuhi persyaratan dapat menimbulkan terjadinya gangguan kesehatan (waterborne diseases). Gangguan kesehatan dapat berupa penyakit menular maupun (disebabkan mikrobia) penyakit yang tidak menular (disebabkan kontaminasi zat berbahaya/ beracun).
2. Berikan contoh penyakit yang timbul karena bakteri patogen akibat polusi air !
Jawaban:
Beberapa penyakit yang timbul karena bakteri patogen antara lain:
Å Bakteri Vibrio cholerae menyebabkan penyakit Cholera
Å Bakteri Escherichia coli menyebabkan penyakit Diare/ dysentri
Å Bakteri Salmonella typhi menyebabkan penyakit Typus abdominale
Å Bakteri Salmonella paratyphi menyebabkan penyakit Parathypus
Å Bakteri Shigella dysenteriae menyebabkan penyakit Dysentri
3. Bagaimana proses terjadinya hujan asam, dan pemanasan global ?
Jawaban:
1. Hujan Asam
Atmosfer dapat mengangkut berbagai cat pencemar ratusan kilometer jauhnya, sebelum menjatuhkannya ke permukaan bumi. Dalam perjalanan jauhnya, atmosfer bertindak sebagai reaktor kimia yang kompleks merubah zat pencemar setelah berinteraksi dengan zat lain, uap air, dan energi matahari. Pada kondisi di mana SO2 bereaksi dengan uap air membentuk H2SO4 (asam sulfat) dan NO2 bereaksi dengan air uap air membentuk HNO3(asam nitrat) yang selanjutnya turun ke permukaan bumi bersama air hujan yang dikenal dengan hujan asam. Air hujan dengan pH 5,6 dapat menimbulkan kerusakan berbagai jenis logam.
2. Pemanasan Global
Pemanasan global ini terjadi dengan sangat cepat yang disebabkan peningkatan efek rumah kaca dan gas rumah kaca. Efek rumah kaca ini dapat diterangkan sebagai berikut : Energi sinar matahari yang masuk ke bumi mengalami :
1. Pemantulan oleh awan atau partikel atmosfer lain sebesar 25%.
2. Penyerapan oleh awan sekitar 25%.
3. Penyerapan oleh permukaan bumi sekitar 45%.
4. Pemantulan kembali oleh permukaan bumi 5%.
Energi yang diserap (adsorpsi) dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi infra merah leh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas rumah kaca lainnya untuk dikembalikan ke permukaan bumi.
Dalam keadaan normal, efek rumah kaca dibutuhkan. dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di bumi tidak jauh berbeda. Pada waktu malam suhu rata-rata di permukaan bumi yang tidak terkenja sinar maatahari akan sangat rendah bila tidak ada efek rumah kaca ini (SO2, NOx, serta CFC, dan metana).
4. Bagaimana pengaruh oksigen dalam kehidupan di perairan ?
Jawaban: Oksigen dimanapun berada sangat diperlukan bagi organisme aerob. Kekurangan oksigen dalam habitat tertentu juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup di habitat tersebut. Oksigen di perairan juga dibutuhkan untuk kelangsungan proses kimia di perairan tersebut. Jika berkurang ketersediaan oksigen, maka ekosistem yang tadinya aerob menjadi ekosistem anaerob.
5. Jelaskan tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam penangan limbah padat !
Tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam penanganan limbah padat
a. Penyimpanan sampah (refuse storage)
Merupakan tempat sampah sementara sebelum sampah tersebut dikumpulkan untuk kemudian diangkut serta dibuang.
Adapun syarat-syarat tempat sampah yang dianjurkan :
· Konstruksinya kuat dan tidak mudah bocor
· Mudah dibuka, ditutup dan dibersihkan
· Ukurannya tidak terlalu besar, sehingga mudah diangkat oleh satu orang
b. Pengumpulan sampah
Tempat pengumpulan sampah biasanya dikelola oleh pemerintah atau masyarakat secara brtgotong royong.
Syarat-syarat tempat pengumpulan sampah adalah :
· Dibangun diatas tempat yang tinggi permukaannya setinggi kendaraan pengangkut sampah
· Terdapat dua pintu, tempat masuk dan keluarnya sampah
· Terdapat lubang ventilasi, bertutup kawat kasa untuk mencegah masuknya lalat
· Terdapat keran air untuk membersihkan lantai
· Tidak menjadi tempat tinggal lalt dan tikus
c. Pembuangan sampah
Lokasi pembuangan sampah dipilih daerah yang jauh dari pemukiman sehingga tidak mengganggu kesehatan lingkungan. Syarat yang harus dipenuhi untuk membangun tempat pembuangan sampah adalah :
a. Lokasi tidak dekat dengan sumber air yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari
b. Lokasi bebas banjir
c. Lokasi jauh dari kota atau pusat kegiatan perekonomian
6. Sebutkan indikator-indikator yang dapat mendeteksi adanya pencemaran oleh air limbah !
Jawaban : Indikator untuk mendeteksi pencemaran oleh air limbah
a. Indikator biologis
b. Indikator fisik
c. Indikator biologis, yang terdiri atas :
· BOD (Biochemical Oxygen Demand)
· COD (Chemical Oxygen Demand)
· DO (Dissolved Oxygen)

7. Apa yang kamu ketahui tentang : Sampah organik dan Sampah anorganik ?
Jawaban: Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari atau mengandung bahan organik yaitu bahan yang berasal dari makhluk hidup. Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atau mengandung bahan anorganik yaitu bukan berasal dari makhluk hidup misalnya bahan sintetis.
8. Sebutkan cara-cara pemusnahan sampah yang benar !
Jawaban: pemusnahan sampah yang benar disesuaikan dari jenis, bentuk/wujud dan karakter sampah itu sendiri. Intinya adalah mengeliminasi potensi bahaya sampah itu terhadap lingkungan atau komponen lingkungan (ekosistem). Secara garis besar pemusnahan sampah meliputi proses penanganan dan atau pemanfaatan sampah.
9. Hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pengomposan sehingga diperoleh kompos yang baik ?
Jawaban: Proses pengomposan dapat dipercepat dengan memacu pertumbuhan mikrobia yang terlibat didalamnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengomposan sehingga diperoleh kompos yang baik :
1. Rasio kandungan Karbon dan Nitrogen pada limbah (C/N ratio).
Proses pengomposan memerlukan nitrogen yang cukup, karena mikrobia yang aktif melakukan perombakan senyawa organik memerlukan sejumlah nitrogen untuk pertumbuhannya. Untuk itu limbah yang terlalu tinggi kandungan karbonnya perlu penambahan Nitrogen yang dapat berupa kotoran hewan, urea dan lainnya. Penambahan senyawa sumber N ini mempengaruhi rasio C/N suatu substrat. Rasio C/N menentukan keberhasilan proses pengomposan. Rasio C/N yang ideal dapat diatur sekitar 20 – 30. Apabila rasio C/N terlalu tinggi dalam substrat, mikrobia perombak dapat menggunakan N yang berasal dari tanah.
2. Kelembaban limbah
Kadar air yang paling cocok untuk proses pengomposan ialah sekitar 48 – 55%. Limbah yang terlalu kering menyebabkan proses degradasi berlangsung lama.
3. Suhu
Suhu yang sesuai untuk perombakan limbah dalam proses pengomposan sekitar 37 – 59°C.
4. Aerasi
Aerasi mempengaruhi pertumbuhan mikrobia. Kalau keadaannya kurang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bakteri perombak.
5. Ph
Keperluan Ph ini sangat tergantung pada mikrobia perombaknya. Pada umumnya perombakan bahan organik berlangsung baik sekitar 7,5 – 8,5. Selama proses pengomposan akan terjadi perubahan Ph yang menunjukkan aktivitas mikrobia.
6. Jumlah mikrobia perombak
Jumlah mikrobia yang tinggi pada awal proses dapat mempercepat perombakan bahan bahan organik limbah. Hal ini disebabkan karena fase adaptasi pertumbuhan mikrobia terhadap substrat limbah menjadi lebih pendek. Untuk itu biasanya pada proses pengomposan diperlukan benih perombak (starter) yang dapat berupa kotoran hewan atau lumpur kotoran hasil perombakan limbah secara aerobik. Penambahan bahan tersebut berarti juga untuk mengatur rasio C/N dan kadar air. Jumlah benih yang optimum dapat ditambahkan sekitar 50 – 75% untuk menghasilkan kompos yang baik.
10. Apa yang dimaksud dengan C/N ratio ? jelaskan pengaruhnya terhadap proses pengomposan !
Jawaban: C/N ratio adalah perbandingan kandungan unsur karbon dengan unsur nitrogen yang terdapat pada sampah. Kedua unsur ini digunakan untuk indikator ketersediaan bahan makanan mikrobia yang akan terlibat pada fermentasi atau proses pengomposan. C mewakili jumlah bahan makanan dari jenis karbohidrat dan N adalah mewakili jumlah makanan dari jenis protein yang digunakan untuk proses yang ada. Untuk jenis mikrobia tertentu memiliki nilai C/N tertentu pula. Kecukupan bahan makanan mikrobia yang dilihat dari nilai C/N ratio merupakan salah satu faktor penting dalam proses keberhasilan pengomposan.

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GNJ 2008/2009 KLS 2

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 200....200....

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : II/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : _________________________
WAKTU : ________________(90 menit)


A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!
Di Indonesia, pengaturan lingkungan hidup dituangkan dalam sebuah undang-undang, yaitu .....
A. UU RI No. 23 th. 1997 D. UU RI No. 3 th. 2001
B. UU RI No. 32 th. 1997 E. UU RI No. 2 th. 1997
C. UU RI No. 32 th. 2001
Di bawah ini merupakan pengertian lingkungan hidup yang paling tepat adalah .......
A. kesatuan ruang dengan semua benda yang ada.
B. kesatuan ruang dengan semua benda, daya, d keadaan makhluk hidup.
C. kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan makhluk hidup serta perilaku manusia di dalamnya yang mempengaruhi makhluk hidup lain.
D. kesatuan ruang, keadaan dan perilaku manusia di dalamnya.
E. kesatuan, keadaan dan perilaku manusia yang mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup lain.
Di bawah ini merupakan pengertian pencemaran lingkungan hidup yang paling tepat adalah ....
A. masuknya makhluk hidup ke dalam lingkungan hidup.
B. masuknya benda asing ke dalam lingkungan hidup.
C. masuknya makhluk hidup dan benda ke dalam lingkungan hidup.
D. kondisi lingkungan hidup yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
E. masuknya makhluk hidup, energi, atau benda lain ke dalam lingkungan hidup sehingga kualitas lingkungan hidup tersebut menurun.
Faktor aktifitas manusia yang mendorong produksi limbah adalah .....
A. Industrialisasi dan Urbanisasi
B. Modernisasi dan Transportasi
C. Pertambahan penduduk dan Industrialisasi
D. Pertambahan penduduk, Urbanisasi, Industrialisasi, dan Modernisasi.
E. Pemukiman, Modernisasi, dan Transportasi.
Parameter untuk penentuan kualitas air limbah atau limbah cair DO dan COD. Air yang berkualitas baik akan mempunyai nilai...
A. COD rendah dan DO tinggi. D. COD tinggi dan DO rendah
B. COD tinggi dan DO tinggi E. COD = DO
C. COD rendah dan DO rendah
BOD20 7 = 15 memiliki makna.....
A. Banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk menguraikan bahan organik secara biologis sebanyak 20 ppm.
B. Banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk menguraikan bahan organik secara biologis sebanyak 15 ppm.
C. Banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk menguraikan bahan organik secara biologis sebanyak 7 ppm.
D. waktu yang dibutuhkan untuk menguraikan bahan organik secara secara biologis sebanyak 20 hari
E. waktu yang dibutuhkan untuk menguraikan bahan organik secara biologis sebanyak 15 hari.
Dalam konsep penanganan limbah dikenal adanya istilah reuse dan recycle. Makna yang paling tepat bagi kedua istilah tersebut adalah ....
A. Reuse adalah menggunakan kembali sesuai bentuk dan fungsi aslinya. Recycle adalah mengubah bentuk dan fungsi aslinya.
B. Reuse adalah menggunakan kembali sesuai bentuk dan fungsi aslinya. Recycle adalah mengubah bentuk dan fungsi aslinya untuk mendapatkan manfaatnya kembali.
C. Reuse adalah mengubah bentuk dan fungsi aslinya Recycle adalah menggunakan kembali sesuai bentuk dan fungsi aslinya.
D. Reuse adalah menggunakan kembali dengan mengubah fungsi. Recycle adalah mengembalikan ke fungsi aslinya.
E. Reuse maupun Recycle merupakan upaya untuk mengambil manfaat barang semaksimal mungkin.
Anton menggunakan kaleng bekas untuk pot tanaman. Ani merangkai kain perca membentuk lembaran kain yang kemudian digunakan untuk membuat tas. Pernyataan yang benar untuk kreatifitas kedua anak tersebut adalah .....
A. Anton melakukan kegiatan mereuse, sedangkan Ani merecycle.
B. Ani melakukan kegiatan mereuse, sedangkan Anton merecycle.
C. Anton maupun Ani melakukan kegiatan mereuse.
D. Anton maupun Ani melakukan kegiatan merecycle.
E. Anton dan Ani sama-sama berjasa dalam usaha pemanfaatan limbah
Dari menganalisis limbah rumah tangga di suatu lokasi TPA sampah kita bisa mengidentifikasi asal sampah tersebut. Sampah yang berasal dari daerah yang lebih modern (kota) akan memiliki ciri......
A. mayoritas sampah terdiri dari plastik dan daun.
B. mayoritas sampah terdiri dari plastik dan kertas.
C. mayoritas sampah terdiri dari kertas dan daun
D. mayoritas sampah terdiri dari plastik dan kaleng.
E. mayoritas sampah terdiri dari kayu dan daun
Ciri khas kualitas air limbah dari daerah kumuh adalah ....
A. jumlah bakteri E. Coli, BOD, dan COD rendah.
B. jumlah bakteri E. Coli tinggi, BOD rendah dan COD tinggi.
C. jumlah bakteri E. Coli dan BOD, tinggi dan COD rendah.
D. jumlah bakteri E. Coli rendah, BOD, dan COD tinggi.
E. jumlah bakteri E. Coli, BOD, dan COD tinggi.
Uji emisi pada alat transportasi bertujuan untuk mengendalikan polusi udara. Pada hakekatnya uji emisi adalah untuk mengetahui ........
A. penggunaan jumlah bahan bakar alat transportsi.
B. penggunaan jenis bahan bakar alat transportsi.
C. kualitas bahan bakar alat transportsi.
D. kualitas pembakaran bahan bakar alat transportsi.
E. umur alat transportsi.
Dalam proses pengolahan air limbah menjadi air baku mutu kadang-kadang disertai pemaparan (pengeluaran) gas tertentu yaitu gas......
A. Cl2 D. CO2
B. H2 E. CO
C. N2
Di antara jenis gas NOx berikut ini yang paling berbahaya bagi manusia adalah gas....
A. N2O5 D. N2O
B. N2 E. NO
C. NO2
Di antara jenis senyawa berikut ini yang bersifat korosif terhadap kaca adalah ....
A. H2S D. HCl
B. HF E. CO
C. CO2
Ukuran batas bahan pencemar yang masih dapat ditolelir oleh lingkungan hidup disebut....
A. batas polutan D. Baku mutu
B. kualitas lingkungan hidup E. baku mutu lingkungan hidup
C. pencemaran lingkungan hidup
Gas Ozone (O3) banyak terdapat di zone udara yang disebut lapisan........
A. mesosphere D. trophospere
B. stratosphere E. atmosfere
C. thermosphere
Emisi polutan ke udara yang disebabkan oleh aktivitas manusia disebut.......
A. mekanogenik emission D. Vulcanogenik emission
B. biogenik emission E. fotogenik emission
C. anthropogenik emission
Udara termsuk berkualitas baik untuk kesehatan manusia bila memiliki kadar........
A. N2 78% dan O2 21%. D. N2 78% dan O2 18%.
B. N2 12% dan O2 78%. E. N2 22% dan O2 21%.
C. N2 21% dan O2 78%.
Gas NO2 bila terkena air (uap air di udara) dapat membentuk ....... yang disebut hujan asam.
A. HNO2 atau HNO3 D. HNO2
B. N2O5 E. NH3
C. HNO3
Hujan asam juga dapat terjadi bila SO3 bereaksi dengan uap air di udara sehingga menghasilkan....
A. H2S D. HSO3
B. H2SO4 E. S + SO2
C. H2SO3
Hujan asam selain berpotensi korosif terhadap logam juga dapat mempercepat pelapukan tembok, karena .....
A. CaCO3 → CaSO4 D. H2CO3 → H2O + CO2
B. CaSO4 → CaCO3 E. H2SO4 → H2O + SO3
C. H2SO4 → CaSO4
22. Pencemaran udara bisa mengakibatkan seseorang pingsan. Hal ini terjadi karena …
A. Hemoglobin darah lebih banyak mengikat O2 dari pada CO
B. Hemoglobin darah lebih banyak mengikat CO dari pada O2
C. Terbentuknya NO dari pembakaran bensin
D. Gas SO2 terlalu banyak di udara
E. Darah kekurangan CO2
23. Salah satu usaha pemerintah yang paling tepat untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh CO2, adalah …
A. Membatasi jumlah kendaraan bermotor D. Membuat hujan buatan
B. Menebarkan zat penyerap udara E. Membuang saringan CO2
C. Mengadakan penghijauan
24. Air yang dibutuhkan manusia untuk keperluan hidup misalnya minum, masak, mencuci, dan mandi adalah …
A. Air murni D. Air keruh
B. Air sadah E. Air bersih
C. Air tawar
25. Berikut ini adalah syarat fisik air yang sehat, kecuali …
A. Tidak keruh D. pHnya 7
B. Suhu tinggi E. Tidak berbau
C. Tidak berwarna
26. Salah satu cara yang tepat untuk menanggulangi kesadaran air yang bersifat sementara adalah …
A. Direbus D. Disaring
B. Disinari dengan ultra violet E. Digunakan bahan kimia
C. Dipanaskan dengan sinar matahari
27. Berikut ini adalah beberapa penggunaan oksigen kecuali …
A. Untuk pembakaran D. Untuk pernafasan hewan dan manusia
B. Untuk pembakaran roket E. Untuk proses asimilasi tumbuhan hijau
C. Bersama dengan gas karbit untuk mengelas
28. Permukaan bumi terlindung dari radiasi berenergi tinggi karena dalam atmosfer terdapat …
A. Argon D. Ozon
B. Oksigen E. Uap air
C. Karbon dioksida
29. Gas pencemar udara di bawah ini yang paling beracun …
A. CO2 D. H2
B. O2 E. CO
C. H2S
30. Cara mengidentifikasi polusi air dilakukan dengan berbagai cara, kecuali ….
A. menguji kandungan bahan organik D. mengukur populasi bakteri
B. menguji kecepatan aliran sungai E. mengukur intensitas bau
C. menguji tingkat kekeruhan air

B Jawablah pertanyaan ini dengan jelas dan benar !
1. Apa pengertian limbah !
2. Berdasarkan sumbernya limbah dibedakan menjadi 2, jelaskan !
3. Jelaskan sumber pencemar, efek samping dan cara penanggulangan dari bahan pencemar berikut :
a. Karbon monoksida (CO2) c. Oksida belerang (SO2) b. Karbon dioksida (CO)
4. Di sungai yang alirannya lambat dan di danau banyak terdapat polutan yang terurai. Selain itu juga terdapat banyak bahan organik yang menyuburkan. Dengan demikian air merupakan media yang menyuburkan pertumbuhan ganggang dan tumbuhan air lainnya. Keadaan ini disebut Eutrofikasi. Jelaskan dampak negatif eutrofikasi terhadap perairan !
5. Jelaskan pengaruh kerusakan lapisan ozon terhadap kesehatan manusia !

KUNCI JAWABAN:
Bagian A
1. A 2. C 3. E 4. D 5. A 6. B. 7. B 8. A. 9. B 10. E
11.D 12. A 13. C 14. B 15. E 16. B 17. C 18. A 19. A 20. B
21. A 22. B 23. C 24. E 25. B 26. A 27. B 28. D 29. E 30. B

Bagian B:
1. Apa pengertian limbah !
Jawaban: Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.
2. Berdasarkan sumbernya limbah dibedakan menjadi 2, jelaskan !
Jawaban : Dari manapun limbah berasal dan apapun wujud limbah (padat, cair, gas), jenis limbahnya bisa dikelompokkan menjadi kelompok limbah organik, dan limbah anorganik.
3. Jelaskan sumber pencemar, efek samping dan cara penanggulangan dari bahan pencemar berikut :
a. Karbon monoksida (CO2) c. Oksida belerang (SO2)
b. Karbon dioksida (CO)
Jawaban:
a. Karbon Dioksida (CO2). Gas ini dihasilkan dari aktivitas pembakaran mesin kendaraan bermotor dan industri berbagai barang keperluan masyarakat. Polutan ini dapat menaikkan suhu udara. Sebab CO2 diudara dapat melewati cahaya ultra violet dan cahaya tampak tetapi menahan cahaya infra merah yang seharusnya dipantulkan.
b. Karbon Monoksida (CO). Karbon monoksida adalah gas yang dihasilkan dari i proses pembakaran yang tidak sempurna dari bahan-bahan yang mengandung karbon. Reaksi-reaksi yang menghasilkan gas karbon monoksida antara lain:
a). Pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar atau senyawa-senyawa karbon lainnya:
2 C + O2 ® 2 CO
b). Reaksi antara gas karbondioksida dengan carbon yang terjadi pada tanur pembakar.
CO2 + C ® 2 CO
c). Penguraian gas karbondioksida pada suhu tinggi
2 CO2 ® 2 CO + O2
Efeknya terhadap kesehatan adalah berkurangnya kapasitas darah untuk mengangkut oksigen (O2) ke jaringan-jaringan tubuh. Hal ini disebabkan CO menggeser O2 yang terikat pada haemoglobin (Hb), sehingga dihasilkan karboksihaemoglobin (COHb). Akibatnya fungsi Hb sebagai alat transport oksigen terganggu, sehingga tubuh kekurangan oksigen dan akhirnya dapat menyebabkan kematian. Apabila udara yang mengandung CO lebih dari 100 ppm dihirup selama lebih dari 5 jam, maka akan timbul gejala keracunan CO.
c. Belerang Oksida (SOx). Secara alamiah pencemaran udara oleh sulfur dioksida berasal dari gunung berapi, pembusukan bahan organik oleh mikroba, reduksi sulfat secara biologis. Sumber SO2 buatan adalah dari pembakaran BBM, gas dan terutama dari batubara yang mengandung sulfur tinggi. Adanya dalam SO2 atmosfer menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan kenaikan pengeluaran lendir. Dengan konsentrasi 500 ppm (part permilion) SO2 menyebabkan kematian pada manusia.
4. Di sungai yang alirannya lambat dan di danau banyak terdapat polutan yang terurai. Selain itu juga terdapat banyak bahan organik yang menyuburkan. Dengan demikian air merupakan media yang menyuburkan pertumbuhan ganggang dan tumbuhan air lainnya. Keadaan ini disebut Eutrofikasi. Jelaskan dampak negatif eutrofikasi terhadap perairan !
Jawaban: Ganggang berguna untuk bahan makanan hewan air tertentu. Akan tetapi peningkatan populasi tumbuhan air akan banyak menyedot kandungan oksigen air (oksigen terlarut) selain itu juga menghalangi daya tembus sinar matahari ke dalam air. Akibatnya kehidupan hewan atau organisme autotrof dalam air akan terganggu. Dalam jangka panjang jika kekurangan okisgen terlarut tersebut berlangsung lama, ganggang atau tumbuhan air lainnya juga akan mengalami kematian.
5. Jelaskan pengaruh kerusakan lapisan ozon terhadap kesehatan manusia !
Jawaban: Di atas zona troposphere disebut zona stratosphere, yang ketinggiannya sampai sekitar 50 km, dan temperatur antara -2oC s/d -60oC. Unsur terpenting pada zona ini adalah uap air dan ozone (O3). Ozone melindungi permukaan bumi dari radiasi ultraviolet (UV). Radiasi UV-B yang dapat menembus ozon dapat merusak materi genetik DNA dan merupakan penyebab utama kanker kulit (di Amerika Serikat diperkirakan 300.000 kasus tiap tahunnya). Selain menimbulkan kanker kulit, juga melemahkan kemampuan tubuh untuk mengatasinya. UV-B juga dapat menyebabkan katarak mata, menurunkan kualitas tanaman seperti tomat, kentang,kubis, dan kedelai. Selain itu radiasi UV-B juga mampu menimbulkan kerusakan sampai 20 m di bawah permukaan air yang jernih, terutama bahaya bagi planton, benih ikan, udang, dan kepiting serta tumbuhan yang memegang peranan penting dalam rantai makanan di laut.
Sayangnya lapisan ozone ini sudah mulai berkurang . Kerusakan lapisan ozon teramati disetiap musim semi di Antartika. Pada ketinggian 15-20 km di atas Antartika, 95% lapisan ozon telah lenyap. Lubang ini bertambah besar sejak tahun 1979, dan sepuluh tahun kemudian semakin besar pula. Penipisan lapisan ozon ni telah dibuktikan oleh data satelit cuaca Nimbus-7 milik NASA.
Untuk setiap penipisan 1% lapisan ozon diperkirakan sebanyak 2% radiasi UV sampai dipermukaan bumi, dan menyebabkan peningkatan terjadinya kanker kulit 2-5%. Selain itu diketahui pula bahwa peningkatan kadar gas CO2 di atmosfer dapat menyebabkan reaksi pembentukan ozon dan stratosfer menurun, hal ini dapat menimbulkan kerusakan lapisan ozon tidak teratasi.

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GNP 2008/2009

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN …………………

MATA PELAJARAN/ KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : X/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : ………………………
WAKTU : ………………………… (90 MENIT)

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!

1. Bumi bergerak menlingkar mengelilingi matahari disebut .......
A. rotasi D. Resolusi
B. revolusi E. resonansi
C. gerakan semu

2. Suatu saat di kota Greenwich menunjukkan pukul 10.00, di kota yang terletak pada 60o bujur barat adalah pukul........
A. 04.00 D. 24.00
B. 06.00 E. 21.00
C. 08.00

3. Berikut ini merupakan akibat dari revolusi bumi yaitu ........
A. adanya gerak semu harian D. adanya perbedaan waktu
B. pengembungan di kutub bumi E. perbedaan lama siang-malam
C. pergantian siang-malam

4. Perbedaan waktu antara wilayah yang terletak di 30o LU dengan yang di 30oLS adalah .......
A. 0 jam D. 3 jam
B. 1 jam E. 4 jam
C. 2 jam

5. Jarak terdekat suatu pusat gempa yang terletak di titik 90oBT; 30oLS dari daerah yang terletak di titik 50oBT adalah
A. 1.000,00 km D. 5.555,5 km
B. 1.111,1 km E. 10.000,0 km
C . 2.222,2 km

6. Bumi menempuh lintasan peredaran semunya memerlukan waktu .....
A. 24 jam 50 menit D. 23 jam
B. 24 jam E. 23 jam 50 menit
C. 23 jam 56 menit

7. Kalender di daerah yang terletak pada 150o BT menunjukkan hari Senin jam 13.00. Pada saat yang sama daerah yang terletak di 165oBB kalendernya menunjukkan .........
A. hari Selasa jam 22.00 D. hari Senin jam 10.00
B. hari Minggu jam 22.00 E. hari Senin jam 22.00
C. hari Minggu jam 10.00

8. Waktu standar yang digunakan di seluruh dunia dihitung dari daerah dengan bujur........
A. 0o D. 60o
B. 15o E. 90o
C. 30o

9. Lapisan bumi yang mayoritas terdiri dari mineral logam berat disebut..............
A. inti Bumi D. mantel
B. kerak E. siklin
C. singkapan

10. Perubahan suhu karena perubahan posisi pada kedalaman bumi disebut..........
A. konversi D. angka geotermis
B. termoplas E. angka indeks
C. angka geometris

11. Tenaga penggerak tektonik lempeng bumi berasal dari .....................
A. tenaga eksogen D. tenaga fusi
B. panas bumi E. tenaga nuklir
C. tenaga eksternal

12. Pergerakan lempeng kerak bumi ke bawah lempeng lainnya disebut............
A. plutonisme D. ekstrusi
B. sesar E. antiklin
C. penunjaman

13. Peristiwa pergeseran letak kerak bumi disebut.........
A. gempa vulkanik D. plutonisme
B. gempa tektonik E. tektonisme
C. gempa susulan

14. Singkapan lapisan bumi yang mengarah ke bawah (turun) disebut....
A. tektonisme D. Siklin
B. antiklin E. divergensi
C. vulkanisme

15. Nama lain istilah vulkanisme adalah ..........
A. gempa vulkanik D. gunung meletus
B. Ekstrusi magma E. semburan lahar
C. tumpahan lava

16. Pemisah batas dua lempeng disebut ............
A. Sesar D. penunjaman
B. konvergensi E. disjungsi
C. metamorf

17. Perubahan kondisi beberapa gejala alam seperti angin, suhu, kelembaban udara dll disebut........
A. cuaca bulanan D. perubahan alam
B. cuaca harian E. iklim
C. keadaan alam harian

18. Angin yang bertiup dari puncak gunung menuju lembah disebut .......
A. angin ngarai D. angin lembah
B. angin puncak E. angin darat
C. angin gunung

19. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….
A. Gelombang gempa D. Gempa Vulkanik
B. Gelombang permukaan E. Letusan gempa
C. Gempa Tektonik

20. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….
A. Diatrema D. Ridge
B. Episentrum E. Stromboli
C. Fokus

21. Lapisan bumi yang merupakan tempat terjadinya gempa, yaitu ….
A. Astenosfer D. Lapisan Inti
B. Litosfer E. Lapisan mantel
C. Lapisan kerak

22. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...
A. merupakan tempat keluarnya magma D.merupakan titik fokus
B. terjadi gerakan dan tekanan E.timbul retakan di tanah
C. terbentuk pancuran lava

23. Di bawah ini merupakan faktor-faktor terjadinya gempa vulkanik, kecuali….
A. bergesernya batuan dalam kerak bumi
B. adanya gerakan lempeng bumi
C. pergerakan magma ke lapisan atas sehingga batu bergeser
D. munculnya energi yang dilepaskan
E. letusan gunung berapi yang dahsyat

24. Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai magma dan lava adalah...
A. lava adalah batuan cair yang panas
B. magma yang mencapai permukaan adalah diatrema
C. magma dan lava merupakan batuan vulakanis
D. lava adalah magma yang mencapai keluar permukaan
E lava keluar melalui sebuah kawah

25. Gunung yang terbentuk karena tabrakan antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….
A. kawah D. mantel
B. lava E. ridge
C. magma

26. Energi yang berasal dari dalam bumi disebut...
A. epirogenetik D. endogen
B. orogenetik E. eksogen
C. transgesi

27. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....
A. angin D. Gempa bumi
B. air pasang E. Aktivitas gunung berapi
C. salinitas

28. Berikut ini bukan merupakan bagian dari proses terjadinya tsunami adalah ….
A. Gempa tektonik bawah laut yang menyebabkan dasar laut naik atau turun
B. Pergeseran dasar laut yang menggerakan gelombang permukaan laut.
C. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin meningkat dan ketinggianya bertambah
D. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin menunurun dan ketinggianya bertambah
E. Gelombang tsunami lepas pantai tidak lebih lebih besar dari gelombang normal, tetapi lebih cepat

29. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….
A. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
B. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
C. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
D. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
E. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat

30. Alat peringatan dini terjadinya tsunami sebaiknya dipasang di daerah yang mempunyai ciri-ciri …..
A. Pantai yang landai dan jarang penduduk
B. Pantai yang landai dan padat penduduk
C. Pantai yang curam dan jarang penduduk
D. Pantai yang curam dan padat penduduk
E. Pulau terpencil

B. Jawablah dengan singkat, benar dan jelas pada lembar jawab yang tersedia!
1. Jelaskan bagaimanan terjadinya perbedaan lamanya siang-malam pada bulan-bulan tertentu!
2. Apakah yang dimaksud dengan tenaga endogen? Sebutkan pengaruh tenaga endogen terhadap permukaan bumi!
3. Apa yang dimaksud dengan parit samudra? Jelaskan kejadiannya!
4. Apa yang kamu ketahui dengan istilah penunjaman dan pembalikan relief?
5. Jelaskan apa yang terjadi akibat dari subduction zone ?
6. Ceriterakan bagaimana terjadinya sumber air panas berdasarkan konsep ilmu pengetahuan alam!
7. Sebutkan jalur utama gempa yang melalui Indonesia !
8. Apa yang kamu lakukan ketika terjadi gempa besar yang terjadi di lautan?
9. Bagaimana kaitan gempa bumi dengan tsunami ? Jelaskan !
10. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?

KUNCI JAWABAN :
1. D 2. B 3. E 4. A 5. D 6. C 7. B 8. A 9. A 10. D
11. B 12. C 13. E 14. D 15. B 16. A 17. E 18. C 19. C 20. C
21. C 22. B 23. B 24. D 25. D 26. D 27. D 28. E 29. E 30. B

KUNCI JAWABAN B:
1. Jawaban : siang-malam disebabkan oleh rotasi bumi dengan kurun waktu hampir 24 jam sekali putaran. Selain rotasi, bumi juga mengalami revolusi yang lamanya setahun (hampir 365,5 hari) sekali putar. Karena posisi bumi tidak tegak lurus terhadap ekliptika (bidang edar) melainkan miring sebesar 66,5 o terhadap ekliptika, maka pengenaan sinar matahari bagian belahan bumi utara dan selatan tidak selalu sama disepanjang tahun. Hal ini akan terlihat dengan adanya garis balik (GBU dan GBS).
2. Jawaban : Tenaga yang berasal dari aliran energi inti bumi, di mana inti bumi yang bersuhu tinggi dan berfase encer selalu mengalami konveksi. Panad pusat inti paling besar, dan semakin kearah luar semakin rendah. Karena permukaan bumi berfase lepih padat dan kaku, maka bagian ini tidak bisa mengikuti gerakan inti, akibatnya timbul pecahan atau retakan pada kulit bumi. Bagian bumi yang retak ini akan mengalami pergeseran sepanjang massa. Dampaknya adalah adanya gejala tektonisme dan gejala vulkanisme.
3. Jawaban : Paris samudra merupakan pertemuan tumbukan lempeng yang sifatnya saling mendekat tetapi memusat (konvergen). Jika terjadinya tabrakan itu berada di bagian dasar samudra maka akan menghasilkan parit atau palung (parit yang sangat dalam).
4. Jawaban : Penunjaman adalah masuknya lempeng kerak ke bawah lempeng lain sewaktu terjadi tabrakan). Pembalikan relief adalah peristiwa siklin menjadi puncak gunung dan antiklin menjadi lembah.
5. Jawaban : Jawaban: Dua lempeng saling bertumbukan (subduction zone). Jadi di daerah pertumbukan dua lempeng bisa terjadi fenomena:
Å lempeng dasar samudra menunjam ke bawah benua.
Å terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu.
Å pembengkakan tepi lempeng benua yang merupakan deretan pegunungan.
Å terdapat aktivitas vulkanisme, intrusi, dan ekstrusi.
Å merupakan daerah hiposentra gempa dangkal dan dalam
Å penghancuran lempeng akibat pergesekan lempeng
Å timbunan sedimen campuran.
6. Jawaban : Jawaban: Sumber air panas terjadi manakala air sungai dalam tanah melewati daerah magma (kantong magma) baik yang terdapat pada daerah gunung berapi aktif maupun yang sudah mati.
7. Jawaban : Jalur gempa bumi sirkum Pasifik. Jalur ini dari Cardilles de los Andes (Chili, Equador, dan Karibia), Amerika Tengah, Meksiko, California, British, Columbia, Columbia, Alautian Island, Katchatka, Jepang, Taiwan, Filiphina, Indonesia, Polynesia dan berakhir di New Zealand.
b. Jalur gempa bumi Mediteran atau Trans Asiatic. Jalur ini dimulai dari Azores, Mediteran (Maroko, Portugal, Italia, Balkan, Rumania), Turki, Kaukasus, Irak, Iran, Afganistan, Himalaya, Burma, Indonesia (Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan Laut Banda) dan akhirnya bertemu dengan jalur sirkum pasifik di daerah Maluku.
1. Jawaban : Gempa besar dilautan merupakan salah satu penyebab akan terjadinya gelombang pasang atau bahkan tsunami. Oleh karena ini kita harus segera mengantisipasi kemungkinan kemunculan dampak dari gempa tersebut.
9. Jawaban : Gempa bumi bisa terjadi di darat maupun di lautan, baik yang disebabkan oleh tenaga tektonik maupun vulkanik. Tsunami merupakan kejadian gelombang besar (tinggi) di pelabuhan. Tsunami kebanyakan disebabkan oleh gempa berukuran besar (lebih dari 6,4 SR) yang terjadi di lautan. Atau gejala vulkanik dari gunung berapi yang terdapat di lautan.
10. Jawaban : Berdasarkan pera jalur gempa di Indonesia, maka garis perbatasan lempeng yang melalui Indonesia berada di laut/ pantai. Karena garis lempeng paling rawan terhadap kejadian gempa, maka jika terjadi gempa besar di daerah perbatasan lempeng tadi sangat berpotensi untuk memunculkan tsunami. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang banyak memiliki pulau-pulau kecil.






Kunci Jawaban subKompetensi 2:
1. B 2. B 3. A 4. C 5. C

B. Jawablah dengan singkat, jelas dan benar pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1. Apakah perbedaan antara fenomena dengan masalah ? Jelaskan !
Jawaban : Masalah adalah kesulitan yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian atau pemecahan. Fenomena adalah sesuatu yang terjadi sebagaimana apa adanya. Ada bagian fenomena yang menjadi masalah atau mendatangkan masalah. Dengan demikian masalah adalah bagian dari fenomena, misalnya rumah terbakar bukan masalah, melainkan fenomena, yang menjadi masalah adalah bagaimana memadamkannya.
2. Jelaskan perbedaan hipotesa nol dan hipotesa alternatif !
Jawaban : Hipotesa nol adalah hipotesa yang akan dibuktikan (diuji) kebenarannya, yang oleh peneliti dianggap memiliki bobot benar lebih tinggi (mendekati kebenaran). Hipotesa altenatif adalah hipotesa yang dipertentangkan dengan hipotesa nol. Tetapi bilamana Ho mengatakan tidak ada maka Ha mengatakan ada.
3. Apakah yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel tergantung? Berkan contohnya !
Jawaban : Variabel bebas (independent) adalah variabel yang diduga sebagai penyebab timbulnya variabel lain atau menjadi penyebab bagi variabel lain. Variabel bebas biasanya dimanipulasi, diamati, dan diukur pengaruhnya terhadap variabel lain. Variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas disebut variabel tergantung (dependent). Contoh tergantung masalahnya, dan lebih mudah jika dikaitkan dengan penelitian kuantitatif. Misalnya dalam meneliti pengaruh pemberian pakan ayam terhadap pertumbuhan anak ayam. Jumlah pakan merupakan variabel bebas, dan perubahan berat tubuh anak ayak bisa sebagai variabel tergantungnya.
4. Apakah yang dimaksud dengan skala nominal dan skala ordinal ?
Jawaban : Skala nominal ialah angka yang tidak sesungguhnya, melainkan digunakan untuk mewakili nama. Misalnya binatang apa yang paling kamu sukai? Jawablah angka 1 = kucing, 2 = burung, dst. Angka-angka ini hanya mewakili saja, tidak dapat ditambah, dikurangi, dibagi, dan dilipatkan (dikalikan). Skala ordinal ialah angka yang menunjukkan derajat suatu kategori atau perbedaan kualitas/ kuantitas yang tidak dapat diketahui selisihnya. Misalnya, jika anda bertanya kepada sekelompok orang, apakah anda suka makan bakso? Maka kepada orang yang menjawab suka sekali, kamu beri skor 5, yang jawabannya hanya suka diberi skor 4, yang biasa saja diberi skor 3, yang kurang suka diberi skor 2, dan yang tidak suka diberi skor 1. Angka-angka ini dinamakan skala ordinal.
5. Apakah perbedaan antara instrumen dan alat ukur ? Jelaskan !
Jawaban : Instrumen adalah alat untuk mengumpulkan data atau alat untuk melakukan pengukuran. Instrumen ini ada yang bersifat baku dan ada yang tidak baku. Instrumen yang bersifat baku biasanya disebut alat ukur. Jadi alat ukur adalah alat yang dipakau untuk mengukur atau menyatakan sesuatu dengan satuan dan besaran yang sesuai. Misalnya untuk memperoleh data suhu badan seseorang digunakan alat ukur termometer.
Kunci Jawaban Subkompetensi 3 :
1. D 2. C 3. C 4.B 5.A
Kunci Jawaban subkompetensi 4:
1. B 2. A 3. C 4.B 5.C

B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut dengan benar!
1. Sebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan instrumen penelitian!
Jawaban : Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan instrumen pengukuran yaitu reliabilitas (keandalan, dapat dipercaya) alat ukur dan validitas (kesahihan) alat ukur. Selain itu juga dipertimbangkan mengenai sensitivitas, obyektivitas dan fisibilitas (kelayakan) alat ukur.
2. Apakah yang dimaksud dengan data penelitian?
Jawaban : Data adalah bentuk jamak dari datum, yaitu keterangan-keterangan tentang suatu hal, fakta yang digambarkan lewat angka, simbol, kode dll.
3. Jelaskan bagaimana langkah-langkah dalam pengambilan sampel?
Jawaban : Langkah-langkah dalam pengambilan sampel yaitu; a) menentukan populasi dan sampling frame, b) memilih cara pengambilan sampel, c) menentukan jumlah sampel, d) memilih elemen sampel, e) melaksanakan pengumpulan data di lapangan.
4. Sebutkan langkah-langkah pengolahan data hasil penelitian !
Jawaban : Langkah-langkah analisa data adalah sebagai berikut :
i. Memilah data. Tujuannya untuk memperlancar pelaksanaan selanjutnya. Kegiatan yang terjadi misalnya mengurutkan nomer kuesioner, pemilahan data sesuai lokasi pengumpulan data, dll.
ii. Kontrol kualitas data. Untuk memisahkan data yang kosong atau isian data tidak konsisten. Bila terjadi isian data yang demikian sebaiknya responden didatangi lagi untuk melengkapi isian data. Jika upaya ini tidak berhasil, maka data tidak diproses lebih lanjut, meskipun akan mengakibatkan masalah pada validitas data.
iii. Mengikhtisarkan data (data summarizing). Kagiatan ini bisa dikerjakan dengan manual atau secara komputer. Pada dasarnya langkah ini meliputi kerja untuk mengkategorikan data, membuat kode, dan mengikhtisarkan data pada master sheet.
5. Apakah yang dimaksud dengan visualisasi hasil penelitian, dan bagaimana caranya ?
Jawaban : Visualisasi bertujuan untuk menampilkan data agar diketahui oleh publik. Data yang dihasilkan disajikan sedemikian rupa menjadi menarik dan mudah dimengerti. Caranya antara lain berbentuk grafik, tabel, atau bagan (chart). Pada program statistik komputer atau MS excel biasanya ada program untuk penampilan data ini.
Kunci Jawaban subkompetensi 5:
1. D 2. D 3. D 4.C 5.B
B. Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut dengan benar!
1. Mengapa hasil penelitian perlu ditulis menjadi tulisan ilmiah ?
Jawaban : . Hasil penelitian tersebut perlu dilaporkan/ dipublikasikan agar hasil penelitianmu dapat diketahui oleh orang lain. Laporan ini merupakan media komunikasi antara seorang peneliti dengan pihak lain. Dengan adanya laporan hasil peneltian penelitianmu dapat mendapat tanggapan dari orang lain, bahkan bisa membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas ilmiah mereka. Penelitian, pemaparan, dan penyelesaiannya haruslah ditulis dalam sebuah tulisan ilmiah
2. Sebutkan lima dari sepuluh ciri tulisan ilmiah !
Jawaban : Adapun ciri-ciri tulisan ilmiah adalah :
1. Logis, artinya informasi yang disajikan memiliki argumentasi yang dapat diterima dengan akal sehat.
2. Sistematis, artinya susunannya urut berjenjang dan berkesinambungan.
3. Obyektif atau apa adanya.
4. Tuntas dan menyeluruh, segala masalah dikemukakan secara lengkap, menyeluruh.
5. Seksama, menghindarkan diri dari berbagai kekeliruan, sampai sekecil-kecilnya.
6. Jelas, baik dari segi alur berpikir, istilah bahasa, dan grafis.
7. Kebenarannya teruji.
8. Terbuka, apa yang dikemukakan dapat berubah bila ada pendapat baru yang diakui kebenarannya relevan dengan tulisan itu.
9. Berlaku umum, kesimpulan-kesimpulannya berlaku untuk semua populasinya.
10. Penyajiannya menggunakan santun bahasa dan tata tulis yang baku.
3. Apakah isi Bab I Pendahuluan suatu laporan penelitian ?
Jawaban : Isi BAB I. PENDAHULUAN yang kadang di istilahkan KATA PENGANTAR pada suatu laporan penelitan adalah sebagai berikut :
1. Latar Belakang Masalah
2. Rumusan Masalah
3. Tujuan Penelitian
4. Ruang Lingkup
5. Manfaat Penelitian
6. Metode Penelitian
4. Jelaskan pengertian desain penelitian yang ada dalam suatu kerangka penulisan ilmiah !
Jawaban : Disain Penelitian dalam kerangka penulisan ilmiah harus mencantumkan mengenai; bagaimana latar penelitian yang diatur untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk menguji hipotesa; jaminan bahwa dengan pemilihan disain penelitian tersebut semua hipotesa yang diajukan dapat diuji; uraian argumentatif bahwa disain penelitian itu paling tepat untuk dipakai dalam konteks penelitian.
5. Apakah yang perlu dituliskan dalam bagian kesimpulan dan saran ?
Jawaban : Yang perlu dituliskan pada kesimpulan dan saran adalah hal-hal yang penting yang perlu disampaikan secara singkat dan jelas. Diharapkan dengan membaca kesimpulan saja orang sudah dapat mengetahui garis besar penelitian dan hasilnya. Saran yang disampaikan pada bab ini harus berisi hal-hal yang sesuai dengan hasil penelitian, terutama tentang bagaimana caranya mengatasi masalah yang ditemukan.