Kamis, 29 Januari 2009

SOAL EVALUASI KOMP. SEM.GNP 2008/2009 KLS 3

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 200....../20...

MATA DIKLAT / KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : III/SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : .....................................
WAKTU : 90 MENIT

BAB I

A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang di huruf pada lembar jawaban yang tersedia!
1. Makhluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan satu kesatuan yang disebut .....
A. Ekosistem D. Habitat
B. Populasi E. Bioma
C. Komunitas
2. Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu yang pada saat ini ramai diberitakan. Di dalam ekologi dipelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya. Untuk menyelesaikan masalah-masalah ekologi diperlukan dasar-dasar pengetahuan yang kuat dalam ilmu-ilmu yang lainnya. Dari pernyataan-pernyataan di bawah ini dapat disimpulkan bahwa:
A. Ekologi perlu mendapat dukungan oleh ilmu-ilmu sosial di antaranya adalah ilmu komunikasi masa.
B. Konsep-konsep kimia kurang dapat diterima untuk membantu memahami ekologi.
C. Ekologi dapat berkembang dengan baik apabila memahami konsep-konsep Fisika serta Kimia.
D. Ilmu-ilmu sosial kurang mendukung konsep-konsep ekologi.
E. Biologi banyak berhubungan dengan sejarah serta matematika.
3. Perbedaan antara komunitas dengan ekosistem adalah ....
a. Komunitas adalah merupakan tempat dari ekosistem, sedangkan ekosistem dari organisme yang menempatinya.
b. Komunitas adalah merupakan kumpulan dari berbagai spesies, sedangkan ekosistem adalah merupakan kumpulan satu spesies.
c. Komunitas adalah terdiri dari kumpulan spesies yang sama, sedang ekosistem adalah terdiri dari berbagai spesies.
d. Komunitas merupakan lingkungan biotiknya, sedangkan ekosistem adalah merupakan komunitas bersama dengan lingkungan biotiknya.
e. Ekosistem adalah merupakan tempat komunitas dan komunitas adalah sejenid organisme yang menempatinya.
4. Seorang petani menanam orok-orok di sela-sela tanamannya. Apa yang dikerjakan oleh petani ini merupakan usaha terpuji sebab.........
a. Dengan menanam orok-orok rumput yang lain dapat mati.
b. Sangat baik untuk pelindung tanaman budidaya.
c. Orok-orok mempunyai kemampuan menyerap air yang baik sehingga dapat menahan erosi
d. Dengan menanam orok-orok dapat mempertahankan kesuburan tanah.
e. Biji orok-orok dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan.
5. Tanah yang mengalami erosi akan kekurangan humus sehingga tidak subur lagi. Hal ini disebabkan karena humus berfungsi untuk .....
a. Melindungi tanah dari perubahan suhu lingkungan. D. Pengaturan pH tanah.
b. Mencegah penguapan air tanah. E. Sebagai pupuk.
c. Menahan air dan mengembalikan mineral
6. Kebakaran hutan sangat merugikan karena hutan yang terbakar memakan waktu lama untuk menjadi komunitas hutan lagi sebab.......
a. Suksesi ekologi diawali bukan oleh pohon berkayu.
b. Suhu yang tertinggi saat kebakaran merusak susunan tanah.
c. Mengeringnya sumber mata air di hutan tersebbut.
d. Punahnya benih-benih dari pohon yang asalnya tumbuh di situ.
e. Hutan gundul akibat kebakaran menyebabkan erosi hingga kesuburan tanah menurun.
7. Peran Alga dalam ekosistem antara lain sebagai vegetasi perintis, sebab........
a. Sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup.
b. Dapat hidup pada tempat yang tidak menguntungkan.
c. Dapat hidup di tempat yang kering.
d. Dapat mengubah lingkungan, sehingga organisme dapat hidup.
e. Alga tumbuhan kecil yang berhijau daun.
8. Rawa adalah habitat darat yang sampai saat ini belum dapat dibudidayakan, tetapi tetap ada manfaatnya, yaitu .....
a. Sumber bahan organik D. Tempat perlindungan berbagai jenis burung
b. Tempat persediaan ari E. Tempat pertumbuhan berbagai jenis rumput
c. Memelihara kelembaban udara.
9. Bagian laut yang paling berproduksi adalah bagian laut yang terdangkal disebabkan faktor, kecuali....
a. Populasi fitoplankton yang paling besar D. Banyak mengandung mineral
b. Keadaan airnya lebih dinamis E. Tempat hidup ikan besar.
c. Daerah yang masih dapat ditembus sinar matahari
10. Dalam suatu ekosistem kolam terdapat (1) ikan karnivor, (2) bakteri pengurai, (3) fitoplanton, (4) ikan herbivor, (5) zat-zat anorganik. Dari komponen ekosistem tersebut dapat disusun suatu mata rantai makanan yang susunannya..........
A. (3), (4), (5), (1), (2) D. (3), (4), (1), (5), (2)
B. (2), (5), (3), (4), (1) E. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (5), (3), (4), (2), (1)
11. Kalau terjadi pencemaran insektisida pada ekosistem air tawar, dalam beberapa tahun kadar bahan itu yang paling tinggi akan didapatkan dalam ....
A. Air D.Tubuh hewan-hewan karnivor
B. Tumbuhan air E. Tubuh hewan-hewan herbivor
C. Tubuh serangga air
12. Pada suatu daerah terdapat kelompok organisme, (1) burung, (2) ular, (3) belalang dan kupu-kupu, (4) rumput-rumputan, (5) bakteri saprofit. Urut-urutan perpindahan energi dapat dituliskan sebagai berikut:
A. 1-2-4-5-3 D. 5-4-3-2-1
B. 1-4-2-3-5 E. 5-4-1-2
C. 4-3-2-1-5
13. Membuang sampah organik ke sungai tidak baik sebab....
A. Naiknya kadar mineral dalam air.
B. Penguraian sampah organik memerlukan adanya oksigen.
C. Sampah organik tidak terurai.
D. Menyebabkan makhluk anaerob mati.
E. Bertambahnya kadar CO2 dalam air.
14. Cara meningkatkan produksi manakah yang tidak akan menimbulkan perubahan pada keseimbangan alam?
A. Penggunaan pestisida D. Memperluas areal perladangan
B. Penggunaan herbisida E. Membasmi hama secara biologis
C. Pemakaian bibit unggul
15. Tahun 1883 Krakatau meletus meninggalkan tempat yang steril. Sekarang Krakatau tertutup oleh hutan dan terdapat di sana kurang sebih 1.200 spesies. Manakah yang tumbuh pertama kali di Krakatau?
A. Pohon berkayu D. Rumput
B. Tumbuhan paku E. Lumut kerak
C. Tumbuhan lumut
16. Apabila kotamu terletak di pinggir sebuah sungai besar, menurut pendapatnu,di manakah letak paling baik untuk pabrik/industri sehingga pengaruh polutannya secara langsung pada manusia menjadi sangat sedikit?
A. Dalam kota dekat bagian hilir sungai D. Di luar kota dekat bagian hulu sungai
B. Dalam kota dekat bagian hulu sungai E. Di luar kota dekat bagian hilir sungai
C. Dalam kota pada bagian pertengahan
17. Para ilmuwan berpendapat bahwa jutaan tahun yang lalu Mamalia tipe Australia sangat berbeda dari tipe Mamalia lainnya. Hal ini disebabkan .....
A. Anaknya berkembang dalam kantung.
B. Terjadi evolusi dalam lingkungan yang terisolasi.
C. Perkembangan alat reproduksi yang homolog dengan placenta.
D. Tumbuh dalam lingkungan iklim khas.
E. Hidup di daerah yang sangat luas yang berpopulasi sangat sedikit.
18. Punahnya burung di hutan karena habis diburu akan menyebabkan......
A. Perubahan keseimbangan alam di hutan tersebut.
B. Hanya hewan pemakan burung itu saja yang akan musnah.
C. Tidak semua hewan di dalam hutan akan musnah.
D. Hanya semua hewan yang ada di dalam hutan akan musnah.
E. Populasi makhluk hidup tidak akan mengalami perubahan kecuali bertambahnya populasi makanan burung.
19. Bentuk interaksi antara tanaman padi dengan burung pipit adalah .....
A. Parasitisme, karena bila padi mati burung pipit akan mati.
B. predasi, karena matinya burung pipit akan meningkatkan pertumbuhan padi.
C. Komensalisme, karena burung pipit untung, sedang padi tidak rugi.
D. kompetisi karena burung pipit dan padi menempati habitat sama
E. predasi, karena burung pipit memakan biji padi.
20. Pada ekosistem yang komponen-komponen biotiknya berada dalam keadaan seimbang, maka akan ditemukan komponen-komponen.......
A. Konsumen-produsen-detritivora, dan cahaya matahari
B. Mineral-produsen-konsumen-dekomposer
C. Pengurai-mineral-tanah-tumbuhan
D. Tanah-air-tumbuhan-hewan.
E. Produsen-konsumen-detritivora-dekomposer
21. Perpindahan energi dan materi dari organisme yang satu ke organisme yang lain secara satu arah melalui proses memakan dan dimakan disebut....
A. Rantai makanan D. Jaring-jaring makanan
B. Produktivitas ekosistem E. Piramida makanan
C. Aliran energi
22. Untuk memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan antarorganisme pada masing-masing taraf trofi maka lebih tepat digunakan piramida....
A. biomasa dan piramida energi D. Ekologi dan piramida energi
B. jumlah dan piramida energi E. Jumlah dan piramida biomasa
C. jumlah dan ekologi
23. Jumlah total energi kimia yang berupa bahan organik yang dibentuk oleh tumbuhan per satuan luas, per satuan waktu disebut.......
A. Produktivitas primer D. Produktivitas kotor
B. Produksi primer E. Produktivitas primer bersih
C. Produktivitas sekunder
24. DI antara pernyatan berikut ini yang benar adalah ....
A. nitrifikasi menguntungkan tumbuhan D. Denitrifikasi menguntungkan tumbuhan
B. nitritasi menghambat pertumbuhan E. Denitrifikasi meningkatkan kesuburan tanah
C. nitrifikasi menurunkan kadar nitrat
25. Di dalam proses sukseci sering ditemukan organisme yang melakukan inasi dan dapat hidup, sehingga membuka kemungkinan organisme lain tumbuh pada ekosistem ini, disebut.....
A.Organisme pioner D. Konsumen pioner
B. konsumen pemula E. Organisme heterotrop
C. tumbuhan pembuka
26. Penggunaan pestisida untuk pemberantasan hama ternyata sangat merugikan manusia, sebab penggunaan bahan tersebut dapat ....
A. mematikan hewan pengganggu D. Menyebabkan berubahnya iklim
B. merusak keseimbangan lingkungan E. Dapat meracuni ekosistem
C. membunuh semua organisme yang bermanfaat.
27. Meningkatnya serangan hama wereng terhadap tanaman padi merupakan petunjuk bahwa.....
A. Pestisida yang digunakan berkualitas rendah D. Wereng sudah menjadi kebal pestisida
B.terbunuhnya parasitoit wereng oleh pestisida E. Terbunuhnya predator wereng oleh pestisida
C. turunnya makanan wereng pada lingkungan aslinya.
28. Pembasmian sebagian komponen biotik lingkungan dapat membahayakan keseimbangan ekosistem sebab dapat mengakibatkan.........
A. meningkatnya populasi komponen biotik predatornya
B. menurunnya populasi komponen biotik yang menjadi makanannya.
C. menyebabkan rusaknya lapisan humus tanah.
D. terancamnya produktivitas produsen dalam ekosistem.
E. terputusnya rantai makanan dan aliran energi.
29. Suatu zat dikatakan menjadi pencemar lingkungan bila memenuhi persyaratan berikut, kecuali....
A. jumlahnya berlebihan D. Membahayakan keseimbangan lingkungan
B. berada pada tempat yang tidak semsetinya E. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. jumlahnya melimpah dan bermanfaat bagi manusia
30. Kebijakan moral manusia dalam pergaulan manusia dengan lingkungan disebut........
A. etika lingkungan D. Mutu lingkungan
B. Tdaya dukung lingkungan E. Kelestarian lingkungan
C. bergaul dengan lingkungan

B. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan benar !
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
9. Sebutkanlah faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan berkurangnya oksigen yang terlarut di dalam tubuh air !
10. Berbagai kasus pencemaran oleh limbah-limbah menyebabkan semakin merosotnya kualitas lingkungan terlebih kualitas air pada umumnya baik kualitas atau kuantitas. Dari berbagai bentuk dampak yang terjadi, maka perlu diadakan langkah untuk mengamankan sumberdaya air yang ada. Terdapat 3 langkah pendekatan yang diambil untuk mengelola sumberdaya air untuk pembangunan masa depan yakni:
1. Ikhtiar membesarkan kemampuan kita menyimpan dan menahan aliran mantap.
2. meningkatkan efesiensi dalam penggunaan air.
3. berusaha memelihara kualitas air sehingga penggunaannya dapat semaksimal mungkin dan ikhtiar daur terbuka.
Dari ulasan tersebut diatas, sebutkanlah tindakan tehnis untuk mengamankan sumberdaya air !

Kunci Jawaban:
Bagian A:
1. A 2. A 3. E 4. D 5. E 6. A 7. D 8. D 9. E 10. E
11. D 12. C 13. B 14. C 15. C 16. E 17. B 18. A 19. A 20. E
21. B 22. B 23. B 24. A 25. A 26. B 27. E 28. E 29. C 30. A

Bagian B:
1. Jelaskan pengertian ekosistem ! Sebutkan 2 komponen penyusun ekosistem, berikan masing – masing contohnya !
Jawaban: Ekosistem adalah kesatuan fungsi hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan. Setiap ekosistem memiliki dua komponen pokok yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan kompnen abiotik (benda mati). Komponen biotik misalnya tumbuhan, hewan, mikroorganisme, manusia dll. Komponen abiotik misalnya air, tanah, sinar matahari, mineral, udara dll.
2. Apakah yang terjadi jika sebuah ekosistem kekurangan produsen ?
Jawaban: Produsen yakni organisme yang dapat menyusun senyawa organik dari bahan anorganik, menjadi makanannya sendiri. Karenanya produsen dapat dikatakan unsur primer sebagai pendukung unsur-unsur di atasnya. Jadi jika ekosistem kekurangan produsen maka keseimbangan ekosistem itu mula-mula akan berubah yang kemudian akan stabil legi dengan proporsi yang sama.
3. Berilah contoh hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik di mana komponen abiotik mempengaruhi komponen biotik !
Jawaban: Inti jawabannya adalah seperti di bawah ini. Tetapi siswa bisa mempertegas dengan mencontohkan jenis ekosistemnya, kemudian unsur-unsur yang ia sebutkan.
Iklim
Tanah
Tumbuhann





4. Mengapa matahari disebut sebagai sumber energi utama dalam ekosistem ?
Jawaban : matahari merupakan sumber energi yang keberadaannya mempengaruhi tetapi tidak dipengaruhi oleh komponen ekosistem lainnya.
5. Di ekosistem sawah, tikus seringkali merusak tanaman padi. Petani harus sering membabat habis populasi tikus di sawah agar panen tidak gagal. Apakah dengan memusnahkan populasi tikus dapat membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang? Jelaskan !
Jawaban : Tikus menempati posisi sebagai herbivora dan sebagai makanan karnivora tingkat I. Tikus memiliki musuh alami atau predator alami. Jika populasi tikus habis maka akan mempengaruhi keberadaan predator tersebut. Dalam jangka panjang keseimbangan ekosistem sawah akan bergesar. Selain itu tikus juga memiliki kompetitor, dengan demikian habisnya tikus belum tentu panen padi petani tidak terancam gagal.
6. Bilakah taraf trofi suatu rantai makanan berhenti?
Jawaban : Taraf trofi adalah tingkatan dalam rantai makanan. Produsen di anggap sebagai taraf trofi pertama. Dalam penghitungan biasanya akan terdapat penurunan jumlah hewan dari taraf trofi kedua ke arah taraf trofi berikutnya. Tumbuhan dalam taraf trofi pertama biasanya juga melebihi jumlahnya daripada hewan di taraf trofi kedua. Hal ini akan menghasilkan piramida jumlah. Taraf trofi akan berhenti bila taraf trofi sudah berada pada posisi puncak (karnivor puncak).
7. Beri penjelasan mengapa ilustrasi hubungan antara organisme paling tepat adalah piramida energi. Piramida ini tidak ada yang terbalik urutan besarnya, mengapa?
Jawaban : Paling ideal dan mendasar untuk menunjukkan hubungan antar organisme pada tiap taraf trofi adalah dengan piramida energi, sebab piramida energi memperhitungkan kecepatan produksi. Berbeda dengan piramida jumlah dan biomass yang menyatakan keadaan organisme hanya pada sesaat waktu saja. Tiap batang segiempat pada piramida energi, menyatakan jumlah energi tiap satuan luas atau volum yang masuk ke taraf trofi dalam waktu yang terukur (misalnya per jam, per hari, per tahun).
8. Sebutkanlah masalah lingkungan hidup yang dapat mempengarhui kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup !
Jawaban : Ada dua dampak negatif yang pasti terjadi terjadi akibat eksploitasi sumber daya alam (komponen ekosistem) yaitu: 1). Polusi dan kerusakan lingkungan, 2). Perubahan lingkungan dengan berbagai dampaknya. Kedua dampak ini pasti menyangkut pada makhluk hidup dan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar