Selasa, 17 November 2009

Menentukan Ukuran Sampel

Contoh Menentukan Ukuran/Jumlah Sampel (n) untuk Memperkirakan Rata-Rata Populasi (m)

Akan dilakukan penelitian “Rata-Rata Biaya Pendidikan Dasar per Murid per tahun di Provinsi Banten”. Banyaknya sekolah seluruh sekolah di provinsi tersebut dimisalkan ada 1.000 sekolah. Perbedaan rata-rata biaya pendidikan antara yang tertinggi dan yang terendah sebesar Rp 100.000. Bound of error atau kesalahan sampling tertinggi yang yang dikehendaki tidak lebih dari Rp 3.000. Tingkat kepercayaan yang digunakan 95%.


Berdasarkan deskripsi kondisi di atas dapat ditentukan:
B. Contoh Ukuran/Jumlah Sampel (n) untuk Memperkirakan Proporsi/Persentase Populasi
Akan diteliti “Berapa Besar Persentase Sumber Biaya Pendidikan SD Negeri
yang Berasal dari PAD di Kabupaten Bandung”. Misalnkan seluruh SD Negeri yang ada di Kabupaten Bandung berjumlah 2000 sekolah. Bound of error atau kesalahan sampling tertinggi yang dikehendaki tidak lebih dari 5 persen. Tingkat kepercayaan yang digunakan 95%.


Berdasarkan deskripsi kondisi di atas dapat ditentukan:

Roscoe dalam buku Research Methods for Business (1982 : 253) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel untuk penelitian seperti berikut ini :
1. Ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah 30 sampai dengan 500
2. Bila sampel dibagi dalam kategori (missal : pria wanita, pegawai negeri swasta, dan lain-lain) maka jumlah anggota sampel setiap kategori minimal 30.


3. Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate (korelasi atau regresi ganda misalnya), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variable yang diteliti. Misal variable penelitiannya ada 5 (independen + dependen), maka jumlah anggota sampel = 10 x 5 = 50.
4. Untuk penelitian eksperimen yang sederhana, yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok control, maka jumlah anggota sampel masing-masing antara 10 sampai dengan 20.

C. Skala Pengukuran
Ada empat tipe skala pengukuran dalam penelitian, yaitu nominal, ordinal, interval dan ratio,yakni :
1. Skala Nominal
Skala pengukuran nominal digunakan untuk mengklasifikasikan obyek, individual atau kelompok; sebagai contoh mengklasifikasi jenis kelamin, agama, pekerjaan, dan area geografis. Dalam mengidentifikasi hal-hal di atas digunakan angka-angka sebagai symbol. Apabila kita menggunakan skala pengukuran nominal, maka statistik non-parametrik digunakan untuk menganalisa datanya. Hasil analisa dipresentasikan dalam bentuk persentase. Sebagai contoh kita mengklasifikasi variable jenis kelamin menjadi sebagai berikut: laki-laki kita beri simbol angka 1 dan wanita angka 2.
2. Skala Ordinal
Skala pengukuran ordinal memberikan informasi tentang jumlah relatif karakteristik berbeda yang dimiliki oleh obyek atau individu tertentu. Tingkat pengukuran ini mempunyai informasi skala nominal ditambah dengan sarana peringkat relatif tertentu yang memberikan informasi apakah suatu obyek memiliki karakteristik yang lebih atau kurang tetapi bukan berapa banyak kekurangan dan kelebihannya. Jawaban pertanyaan berupa peringkat misalnya: sangat tidak setuju, tidak setuju, netral, setuju dan sangat setuju dapat diberi symbol angka 1, 2, 3, 4 dan 5. Angka-angka ini hanya merupakan simbol peringkat, tidak mengekspresikan jumlah.
3. Skala Interval
Skala interval mempunyai karakteristik seperti yang dimiliki oleh skala nominal dan ordinal dengan ditambah karakteristik lain, yaitu berupa adanya interval yang tetap. Dengan demikian peneliti dapat melihat besarnya perbedaan karaktersitik antara satu individu atau obyek dengan lainnya. Skala pengukuran interval benar-benar merupakan angka. Angka-angka yang digunakan dapat dipergunakan dapat dilakukan operasi aritmatika, misalnya dijumlahkan atau dikalikan. Untuk melakukan analisa, skala pengukuran ini menggunakan statistik parametric.
4. Skala Ratio
Skala pengukuran ratio mempunyai semua karakteristik yang dipunyai oleh skala nominal, ordinal dan interval dengan kelebihan skala ini mempunyai nilai 0 (nol) empiris absolut. Nilai absoult nol tersebut terjadi pada saat ketidakhadirannya suatu karakteristik yang sedang diukur. Pengukuran ratio biasanya dalam bentuk perbandingan antara satu individu atau obyek tertentu dengan lainnya.

Alat Pengumpulan Data
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan angket untuk mendapatkan jenis data kuantitatif.
Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa sejumlah pernyataan yang
harus dijawab oleh subyek yang menjadi sasaran atau responden penelitian.
Sebagai dasar pertimbangan penelitian ini menggunakan angket sebagai alat
pengumpul data adalah seperti yang dikemukakan oleh (Hadi, 1997), sebagai
berikut:
· Subjek adalah orang yang paling tahu tentang dirinya sendiri.
· Apa yang dinyatakan oleh subjek kepada penyelidik adalah benar dan dapat dipercaya.
· Bahwa interpretasi subjek tentang pertanyaan-pertanyan yang diajukan kepadanya adalah sama dengan apa yang dimaksud oleh penyelidik.

Selain itu kelebihan angket menurut Walgito (1994) adalah:
1. Metode ini merupakan metode yang praktis.
2. Dalam waktu singkat dapat memperoleh data yang banyak.
3. Hemat, karena dalam menggunakan angket, tenaga yang digunakan sedikit.
4. Orang dapat menjawab dengan leluasa, tidak dipengaruhi oleh temantemannya yang lain.
Adapun kelemahan-kelemahan angket (Walgito; 1994) adalah seperti;
· Kemungkinan tidak dapat berhadapan langsung dengan responden, sehingga bila ada pertanyaan yang kurang jelas tidak mendapatkan keterangan lebih lanjut,
· Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam angket sifatnya agak kaku karena telah ditentukan, dan tidak dapat diubah sesuai dengan kemampuan responden,
· Sulit untuk memberikan jaminan bahwa semua angket yang telah dikeluarkan akan kembali seluruhnya.

Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada angket ini
beberapa yang diperhatikan adalah seperti; (1) menyusun petunjuk-petunjuk
untuk mengerjakan angket dengan jelas dan singkat, (2) menyusun pertanyaan
dengan menggunakan bahasa sederhana, jelas dan tidak menggunakan arti yang
ambivalen, (3) subyek tidak diwajibkan untuk menuliskan namanya, sehingga
subyek tidak perlu khawatir dan malu bahwa hal-hal yang ada pada dirinya akan
diketahui oleh orang lain.


Beberapa Masalah dalam Penelitian yang Berkaitan dengan Sampel
Dalam setiap penelitian, tidak tertutup kemungkinan untuk terjadi permasalahan atau penyimpangan. Besarnya penyimpangan yang dapat ditoleransi dalam suatu penelitian, tergantung pada sifat penelitian itu sendiri. Ada penelitian yang dapat mentolerannsikan penyimpangan yang besar; sebaliknya ada juga penelitian yang menghendaki penyimpangan yang kecil, sebab penyimpangan yang besar dapat menimbulkan kesimpulan yang salah.
Dalam suatu penelitian, ada kemungkinan timbul dua macam penyimpangan, yaitu:
1. Penyimpangan karena Pemakaian Sampel (Sampling Error)
Seandainya tidak ada kesalahan pada pengamatan, satuan-satuan ukuran, definisi operasinal variabel, pengolahan data, dan sebagainya, maka perbedaan itu hanya disebabkan oleh pemakaian sampel. Mudah dimengerti bahwa semakin besar sampelnyang diambil, semakin kecil pula terjadi penyimpangan. Apabila sampel itu sudah sama besar dengan populasi, maka penyimpangan oleh pemakaian sampel pasti akan hilang.

2. Penyimpangan Bukan oleh Pemakaian Sampel (Non-Sampling Error)
Jenis penyimpangan ini dapat ditimbulkan oleh berbagai hal, di antaranya adalah:
· Penyimpangan karena kesalahan perencanaan. Misalnya karena tidak tepatnya definisi operasional variabel, kriteria satuan-satuan ukuran, dan sebagainya, memberikan peluang penyimpangan atau kesalahan pada hasil penelitian.
· Penyimpangan karena Penggantian Sampel. Hal ini berkaitan dengan adanya perbedaan antara sampel yang diteliti dengan sampel yang ditetapkan. Misalnya, seseorang mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai sampel tidak bisa dihubungi pada waktu akan diwawancarai atau diminta untuk mengisi kuesioner, lalu kita menggantinya dengan mahasiswa yang lain.
· Penyimpangan karena salah tafsir dari petugas pengumpulan data maupun responden, yang dapat menyebabkan jawaban yang diperoleh dari responden menyimpang dari yang sebenarnya.
· Penyimpangan karena salah tafsir responden. Biasanya disebabkan karena responden sudah lupa akan masalah yang ditanyakan.
· Penyimpangan karena responden sengaja salah dalam menjawab pertanyaan. Hal ini dapat terjadi jika responden merasa curiga terhadap maksud dan tujuan penelitian, atau mungkin juga responden mempunyai maksud-maksud tertentu secara terselubung.
· Penyimpangan karena kesalahan pengolahan data, misalnya salah dalam menambahkan, mengalikan, dan sebagainya.

Sementara itu, masalah yang dihadapi dalam Pembuatan Kerangka Sampling, di antaranya adalah sebagai berikut:
· Blank Foreign Elements
Yakni jika data populasi yang diperoleh dari sesuatu sumber tidak sesuai dengan kenyataannya di lapangan, sehingga terjadi orang yang sudah terpilih sebagai sampel tidak ditemui di lapangan. Hal ini disebabkan mungkin karena pendataannya yang tidak akurat atau datanya sudah kadaluarsa.
· Incomplete Frame
Ketidaklengkapan kerangka sampling terjadi karena ada unsur populasi (orang) yang seharusnya masuk di dalamnya, justeru tidak tercatat.
· Cluster of Elements
Kerangka sampling yang kita miliki tidak selamanya sama dengan yang kita butuhkan. Misalnya, jika kita ingin meneliti pelajar sekolah dasar yang bertempat tinggal di Kota A, kita tidak akan memperoleh daftarnya, yang kita temukan hanyalah daftar nama sekolah dasar yang ada di Kota A.

Unit Analisis
Masih ada satu pembicaraan yang cukup penting yang berhubungan dengan masalah populasi dan sampel, yakni masalah unit analisis. Yang dimaksud uni analisis dalam penelitian adalah satuan tertentu yang diperhitungkan sebagai subjek penelitian. Masih banyak peneltiti, khususnya peneliti pemula yang masih bingung membedakan antara pengertian objek penelitin, subjek penelitian, dan sumber data. Untuk menerangkan hal-hal tersebut perhatikanlah contoh berikut.
Dalam penelitian pendidikan peneliti ingin mengetahui metode yang paling banyak digunakan oleh guru-guru di SMA. Dengan kasus contoh ini objek penelitian atau variabel peneltian adalah metode mengajar. Subjek peneltiannya adalah guru itu sendiri (diwawancarai, diberi angket, atai diamati waktu mengajar) serta kepala sekolah yang sekirannya mengetahui tentang jenis metode mengajar yang digunakan oleh guru. Dari contoh diatas dapat diketahui bahwa yang dapat diklasifikasikan sebagai subjek peneltian berupa benda atau manusia. Dalam peneltian lain, mungkin subjek peneltian tersebut berupa sekolah, desa, bahkan mungkin negara. Untuk mengambil kesimpulan sekolajh-sekolah mana yang termasuk disiplin, mana kurang disiplin, yang menjadi objek peneltian adalah sekolah.
Sehubung dengan pengertian unit analisis ini peneliti harus mengarah pikirannya ke sana pada waktu menentukan sampel penelitiannya. Mungkin sekali seorang peneliti berkeinginan untuk menentukan sebuah kantor pemasaran, yaitu ingin mengetahui bagaimana kepemimpinan sang direktur pemasaran. Waktu akan mulai mencari data, peneliti tersebut menjumpai beberapa karyawan, katakan sebanyak 30 orang. Pada waktu ditanya dia mengatakan bahwa subjek penelitiannya adalah 30 orang.
Benarkah bahwa banyakny subjek penelitian adalah 30 orang? Apakah bukan hanya satu orang yaitu sang direktur pemasaran? Untuk menjawab pertanyaan ini kita perlu membedakan antara subjek penelitian, responden, dan informan.
1. Subjek penelitian
Adalah subjek yang dituju untuk diteliti olej peneliti, Jika kita bicara tentang subjek penelitian, sebetulnya kita berbicara tentang unit analisis, yaitu subjek yang menjadi pusat perhatian atau sasaran penelitian.
2. Responden
Berasal dari kata respon atau penanggap, yaitu orang yang menanggapi. Dalam penelitian reponden adalah orang yang diminta memberikan keterangan tentang suatu fakta atau pendapat. Keterangan tersebut dapat disampaikan dalam bentuk tulisan, yaitu ketika mengisi angket, atau lisan, ketika menjawab wawancara.
3. Informan
Adalah orang yang memberikan informasi. Dengan pengertian ini maka informan dapat dikatakan sebagai responden, apabila pemberi keterangannya karena dipancing oleh pihak peneliti. Istilah “informan” ini banyak digunakan dalam penelitian kualitatif.


Kembali pada perbedaan antara subjek penelitian dengan sumber data. Setiap peneliti harus dapat membedakan secara jelas antara subjek penelitian dengan sumber data. Subjek peneltiain mungkin tidak perlu dijadikan sumberdata, jika penelitiannya memang tidak menghendaki demikian. Jika peneliti inginmemperoleh penjelasan tentang gaya kepemimpinan direktur, data dapat dikumpulkan dari suara para bawahan saja. Kiranya jawaban orang yang dikenai gaya kepemimpinan akan lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan jawaban dari pemimpin itu sendiri. Namun ada penelitian lain yang menjadi seseorang sebagai subjek penelitian sekaligus sumberdata.


DAFTAR PUSTAKA

Murray R. Spiegel (1972), Theory and Problems of Statistics (SI-Metrik Editon), dialih bahasa oleh Drs. I Nyoman Susila, M.Sc, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1992
Sugiyono (2008), Metode Penelitian Pendidikan suatu Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit Tarsito , bandung, 2008.
Suharsimi Arikunto, Prof.DR., Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 2002
Lexy J. Moleleing, Dr. M.A., Metodotologi Penelelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1997
Soewarno, Aplikasi Metode Statistik untuk Analisis Data, Penerbit NOVA, Bandung, 1995
Stuart, Alan (1962) Basic Ideas of Scientific Sampling, Hafner Publishing Company, New York
Sarndal, Swenson, and Wretman (1992), Model Assisted Survey Sampling, Springer-Verlag.
Gy, P (1992) Sampling of Heterogeneous and Dynamic Material Systems: Theories of Heterogeneity, Sampling and Homogenizing
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2005, Metode Penelitian
Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: P.T. Radjagrafindo Persada.

Rachmat Kriyantono, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumadi, DR, Modul Statistik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, 2009





Referensi Blogger dan WEB

Vitri Widyaningsih, dr ., Tehnik Pengambilan Sampel., www.uns.ac.id
Dadang Sugiana Ph.D.,(Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung), Populasi dan Tehnik Sampling, e-mai: dankfs@yahoo.co.id

Hasan Mustofa, Tehnik Sampling, (PDF), 2000
……………………., Tehnik Sampling, Universitar Gunadarma .pdf. Materi ke-4 Statistik, 2005

Rozaini Nasution, Prof. DR, Teknik Sampling, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Univesitas Sumatra Utara, 2009

Aspros PT, Populasi, Sampel,dan Tehnik Sampling

Suhermin, Teknik Sampling Untuk Menaksir Varians dari Populasi

Nugroho S., Tehnik Sampling, Diklat Metodotogi Penelitian Sosial, Bogor, 2005

Joudo Prihantono, Populasi dan Sampel. Pdf

Wikipedia, Tehnik Sampling

Selasa, 10 November 2009

SOAL URAIAN TES GASAL

II. Uraian
1. Buatlah proposal penelitian, yang meliputi sistematika : Latar Belakang, Perumusan Masalah, Dasar Teori, Hipotesa, rencana pengambilan sampel, rencana analisa data, dan daftar pustaka !
2. Tuliskan riwayat pembentukan Pulau Jawa secara Geologi (gerakan lempeng) !
3. Jelaskan secara ilmiah, mengapa Matahari terbit di arah Timur !
4. Jelaskan mengapa air PDAM bukan merupakan air yang bersih dan sehat, dan sebutkan cara-cara agar air PDAM dapat kita konsumsi !
5. Jelaskan pengaruh gas-gas polutan : CO, CO2, dan NxOy terhadap kesehatan manusia dan lingkungan !

soal untuk persiapan test gasal-gejala abiotik

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN …………………

MATA PELAJARAN/ KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : X/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : ………………………
WAKTU : ………………………… (90 MENIT)

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!

1. Bumi bergerak menlingkar mengelilingi matahari disebut .......
A. rotasi D. Resolusi
B. revolusi E. resonansi
C. gerakan semu

2. Suatu saat di kota Greenwich menunjukkan pukul 10.00, di kota yang terletak pada 60o bujur barat adalah pukul........
A. 04.00 D. 24.00
B. 06.00 E. 21.00
C. 08.00

3. Berikut ini merupakan akibat dari revolusi bumi yaitu ........
A. adanya gerak semu harian D. adanya perbedaan waktu
B. pengembungan di kutub bumi E. perbedaan lama siang-malam
C. pergantian siang-malam

4. Perbedaan waktu antara wilayah yang terletak di 30o LU dengan yang di 30oLS adalah .......
A. 0 jam D. 3 jam
B. 1 jam E. 4 jam
C. 2 jam

5. Jarak terdekat suatu pusat gempa yang terletak di titik 90oBT; 30oLS dari daerah yang terletak di titik 50oBT adalah
A. 1.000,00 km D. 5.555,5 km
B. 1.111,1 km E. 10.000,0 km
C . 2.222,2 km

6. Bumi menempuh lintasan peredaran semunya memerlukan waktu .....
A. 24 jam 50 menit D. 23 jam
B. 24 jam E. 23 jam 50 menit
C. 23 jam 56 menit

7. Kalender di daerah yang terletak pada 150o BT menunjukkan hari Senin jam 13.00. Pada saat yang sama daerah yang terletak di 165oBB kalendernya menunjukkan .........
A. hari Selasa jam 22.00 D. hari Senin jam 10.00
B. hari Minggu jam 22.00 E. hari Senin jam 22.00
C. hari Minggu jam 10.00

8. Waktu standar yang digunakan di seluruh dunia dihitung dari daerah dengan bujur........
A. 0o D. 60o
B. 15o E. 90o
C. 30o

9. Lapisan bumi yang mayoritas terdiri dari mineral logam berat disebut..............
A. inti Bumi D. mantel
B. kerak E. siklin
C. singkapan

10. Perubahan suhu karena perubahan posisi pada kedalaman bumi disebut..........
A. konversi D. angka geotermis
B. termoplas E. angka indeks
C. angka geometris

11. Tenaga penggerak tektonik lempeng bumi berasal dari .....................
A. tenaga eksogen D. tenaga fusi
B. panas bumi E. tenaga nuklir
C. tenaga eksternal

12. Pergerakan lempeng kerak bumi ke bawah lempeng lainnya disebut............
A. plutonisme D. ekstrusi
B. sesar E. antiklin
C. penunjaman

13. Peristiwa pergeseran letak kerak bumi disebut.........
A. gempa vulkanik D. plutonisme
B. gempa tektonik E. tektonisme
C. gempa susulan

14. Singkapan lapisan bumi yang mengarah ke bawah (turun) disebut....
A. tektonisme D. Siklin
B. antiklin E. divergensi
C. vulkanisme

15. Nama lain istilah vulkanisme adalah ..........
A. gempa vulkanik D. gunung meletus
B. Ekstrusi magma E. semburan lahar
C. tumpahan lava

16. Pemisah batas dua lempeng disebut ............
A. Sesar D. penunjaman
B. konvergensi E. disjungsi
C. metamorf

17. Perubahan kondisi beberapa gejala alam seperti angin, suhu, kelembaban udara dll disebut........
A. cuaca bulanan D. perubahan alam
B. cuaca harian E. iklim
C. keadaan alam harian

18. Angin yang bertiup dari puncak gunung menuju lembah disebut .......
A. angin ngarai D. angin lembah
B. angin puncak E. angin darat
C. angin gunung

19. Getaran yang disebabkan karena pergerakan lapisan batu dari kerak bumi disebut ….
A. Gelombang gempa D. Gempa Vulkanik
B. Gelombang permukaan E. Letusan gempa
C. Gempa Tektonik

20. Titik dimana batuan pecah untuk pertama kalinya sehingga menyebabkan gempa bumi disebut dengan ….
A. Diatrema D. Ridge
B. Episentrum E. Stromboli
C. Fokus

21. Lapisan bumi yang merupakan tempat terjadinya gempa, yaitu ….
A. Astenosfer D. Lapisan Inti
B. Litosfer E. Lapisan mantel
C. Lapisan kerak

22. Pada daerah lempeng sering terjadi gempa bumi . Hal ini disebabkan...
A. merupakan tempat keluarnya magma D.merupakan titik fokus
B. terjadi gerakan dan tekanan E.timbul retakan di tanah
C. terbentuk pancuran lava

23. Di bawah ini merupakan faktor-faktor terjadinya gempa vulkanik, kecuali….
A. bergesernya batuan dalam kerak bumi
B. adanya gerakan lempeng bumi
C. pergerakan magma ke lapisan atas sehingga batu bergeser
D. munculnya energi yang dilepaskan
E. letusan gunung berapi yang dahsyat

24. Pernyataan di bawah ini yang benar mengenai magma dan lava adalah...
A. lava adalah batuan cair yang panas
B. magma yang mencapai permukaan adalah diatrema
C. magma dan lava merupakan batuan vulakanis
D. lava adalah magma yang mencapai keluar permukaan
E lava keluar melalui sebuah kawah

25. Gunung yang terbentuk karena tabrakan antar lempeng, sehingga lempeng yang satu turun di bawah lempeng yang lain. Lempeng yang turun mulai mencair dan membentuk ….
A. kawah D. mantel
B. lava E. ridge
C. magma

26. Energi yang berasal dari dalam bumi disebut...
A. epirogenetik D. endogen
B. orogenetik E. eksogen
C. transgesi

27. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....
A. angin D. Gempa bumi
B. air pasang E. Aktivitas gunung berapi
C. salinitas

28. Berikut ini bukan merupakan bagian dari proses terjadinya tsunami adalah ….
A. Gempa tektonik bawah laut yang menyebabkan dasar laut naik atau turun
B. Pergeseran dasar laut yang menggerakan gelombang permukaan laut.
C. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin meningkat dan ketinggianya bertambah
D. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin menunurun dan ketinggianya bertambah
E. Gelombang tsunami lepas pantai tidak lebih lebih besar dari gelombang normal, tetapi lebih cepat

29. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….
A. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
B. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
C. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
D. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
E. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat

30. Alat peringatan dini terjadinya tsunami sebaiknya dipasang di daerah yang mempunyai ciri-ciri …..
A. Pantai yang landai dan jarang penduduk
B. Pantai yang landai dan padat penduduk
C. Pantai yang curam dan jarang penduduk
D. Pantai yang curam dan padat penduduk
E. Pulau terpencil

B. Jawablah dengan singkat, benar dan jelas pada lembar jawab yang tersedia!
1. Jelaskan bagaimanan terjadinya perbedaan lamanya siang-malam pada bulan-bulan tertentu!
2. Apakah yang dimaksud dengan tenaga endogen? Sebutkan pengaruh tenaga endogen terhadap permukaan bumi!
3. Apa yang dimaksud dengan parit samudra? Jelaskan kejadiannya!
4. Apa yang kamu ketahui dengan istilah penunjaman dan pembalikan relief?
5. Jelaskan apa yang terjadi akibat dari subduction zone ?
6. Ceriterakan bagaimana terjadinya sumber air panas berdasarkan konsep ilmu pengetahuan alam!
7. Sebutkan jalur utama gempa yang melalui Indonesia !
8. Apa yang kamu lakukan ketika terjadi gempa besar yang terjadi di lautan?
9. Bagaimana kaitan gempa bumi dengan tsunami ? Jelaskan !
10. Jelaskan dengan menggunakan teori pergeseran lempeng tektonik mengapa Indonesia merupakan negara yang paling rawan terhadap ancaman tsunami ?

KUNCI JAWABAN :
1. D 2. B 3. E 4. A 5. D 6. C 7. B 8. A 9. A 10. D
11. B 12. C 13. E 14. D 15. B 16. A 17. E 18. C 19. C 20. C
21. C 22. B 23. B 24. D 25. D 26. D 27. D 28. E 29. E 30. B

KUNCI JAWABAN B:
1. Jawaban : siang-malam disebabkan oleh rotasi bumi dengan kurun waktu hampir 24 jam sekali putaran. Selain rotasi, bumi juga mengalami revolusi yang lamanya setahun (hampir 365,5 hari) sekali putar. Karena posisi bumi tidak tegak lurus terhadap ekliptika (bidang edar) melainkan miring sebesar 66,5 o terhadap ekliptika, maka pengenaan sinar matahari bagian belahan bumi utara dan selatan tidak selalu sama disepanjang tahun. Hal ini akan terlihat dengan adanya garis balik (GBU dan GBS).
2. Jawaban : Tenaga yang berasal dari aliran energi inti bumi, di mana inti bumi yang bersuhu tinggi dan berfase encer selalu mengalami konveksi. Panad pusat inti paling besar, dan semakin kearah luar semakin rendah. Karena permukaan bumi berfase lepih padat dan kaku, maka bagian ini tidak bisa mengikuti gerakan inti, akibatnya timbul pecahan atau retakan pada kulit bumi. Bagian bumi yang retak ini akan mengalami pergeseran sepanjang massa. Dampaknya adalah adanya gejala tektonisme dan gejala vulkanisme.
3. Jawaban : Paris samudra merupakan pertemuan tumbukan lempeng yang sifatnya saling mendekat tetapi memusat (konvergen). Jika terjadinya tabrakan itu berada di bagian dasar samudra maka akan menghasilkan parit atau palung (parit yang sangat dalam).
4. Jawaban : Penunjaman adalah masuknya lempeng kerak ke bawah lempeng lain sewaktu terjadi tabrakan). Pembalikan relief adalah peristiwa siklin menjadi puncak gunung dan antiklin menjadi lembah.
5. Jawaban : Jawaban: Dua lempeng saling bertumbukan (subduction zone). Jadi di daerah pertumbukan dua lempeng bisa terjadi fenomena:
Å lempeng dasar samudra menunjam ke bawah benua.
Å terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu.
Å pembengkakan tepi lempeng benua yang merupakan deretan pegunungan.
Å terdapat aktivitas vulkanisme, intrusi, dan ekstrusi.
Å merupakan daerah hiposentra gempa dangkal dan dalam
Å penghancuran lempeng akibat pergesekan lempeng
Å timbunan sedimen campuran.
6. Jawaban : Jawaban: Sumber air panas terjadi manakala air sungai dalam tanah melewati daerah magma (kantong magma) baik yang terdapat pada daerah gunung berapi aktif maupun yang sudah mati.
7. Jawaban : Jalur gempa bumi sirkum Pasifik. Jalur ini dari Cardilles de los Andes (Chili, Equador, dan Karibia), Amerika Tengah, Meksiko, California, British, Columbia, Columbia, Alautian Island, Katchatka, Jepang, Taiwan, Filiphina, Indonesia, Polynesia dan berakhir di New Zealand.
b. Jalur gempa bumi Mediteran atau Trans Asiatic. Jalur ini dimulai dari Azores, Mediteran (Maroko, Portugal, Italia, Balkan, Rumania), Turki, Kaukasus, Irak, Iran, Afganistan, Himalaya, Burma, Indonesia (Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan Laut Banda) dan akhirnya bertemu dengan jalur sirkum pasifik di daerah Maluku.
1. Jawaban : Gempa besar dilautan merupakan salah satu penyebab akan terjadinya gelombang pasang atau bahkan tsunami. Oleh karena ini kita harus segera mengantisipasi kemungkinan kemunculan dampak dari gempa tersebut.
9. Jawaban : Gempa bumi bisa terjadi di darat maupun di lautan, baik yang disebabkan oleh tenaga tektonik maupun vulkanik. Tsunami merupakan kejadian gelombang besar (tinggi) di pelabuhan. Tsunami kebanyakan disebabkan oleh gempa berukuran besar (lebih dari 6,4 SR) yang terjadi di lautan. Atau gejala vulkanik dari gunung berapi yang terdapat di lautan.
10. Jawaban : Berdasarkan pera jalur gempa di Indonesia, maka garis perbatasan lempeng yang melalui Indonesia berada di laut/ pantai. Karena garis lempeng paling rawan terhadap kejadian gempa, maka jika terjadi gempa besar di daerah perbatasan lempeng tadi sangat berpotensi untuk memunculkan tsunami. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang banyak memiliki pulau-pulau kecil.

Soal Untuk persiapan Test Gasal 2009-Metode ilmiah

SOAL EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN ………………….

MATA PELAJARAN/ KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : X/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : ………………………………
WAKTU : …………………………… (90 MENIT)

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!
1. Langkah awal yang dilakukan seorang ilmuwan bila akan mengadakan penelitian adalah ….
A. mengambil kesimpulan D. merumuskan masalah
B. membuat hipotesa E. mencari literatur
C. membuat desain penelitian

2. Kegiatan dengan menggunakan panca indera untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu disebut.........
A. observasi D. mengumpulkan informasi
B. bertanya E. mencari literatur
C. meramal

3. Urutan tahapan metode ilmiah berikut ini yang benar adalah ..........
1 . menguji kesimpulan 2. menyusun hipotesis 3. mengumpulkan keterangan
4. merumuskan masalah 5. menarik kesimpulan 6. menguji hipotesis.

A. 3-4-2-6-5-1 D. 4-3-2-6-5-1
B. 3-2-6-4-5-1 E. 4-2-3-6-5-1
C. 3-2-5-6-4-1

4. Untuk mengetahui kasar-halusnya permukaan benda, rasa suatu minuman, dan aroma buah maka kegiatan yang dilakukan adalah .........
A. mengecap – meraba - membau D. meraba – membau - mengecap
B. membau – meraba - mengecap E. meraba – mengecap - membau
C. merasa – meraba - membau

5. Seorang siswa akan mencoba menerapkan metode ilmiah. Setelah ia menyelesaikan proses pengumpulan data, maka siswa tersebut seharusnya segera melakukan
A. melakukan uji ulang D. mengumpulkan informasi
B. melakukan olah data E. mencari literatur
C. melakukan presentasi

6. Seseorang siswa mampu mengedit obyek gambar dengan mengunakan program komputer. Ia membuat gambar seorang wanita di mana badannya diambilkan dari foto model pakaian renang sedangkan wajahnya ia ganti dengan wajah kekasihnya. Hasilnya adalah foto kekasihnya yang sedang menggenakan pakaian renang. Sikap siswa tadi tidak ilmiah karena........
A. tidak teliti D. tidak fantastis
B. tidak tekun E. Tidak konsisten
C. tidak jujur

7. Praduga seorang ilmuwan terhadap suatu kasus yang didasarkan pada telaah pustaka atau pengumpulan informasi disebut….
A. hipotenusa D. hipotesa
B. sintesa E. analisa
C. antitesa

8. Salah satu sikap seorang peneliti adalah terbuka, artinya,,,,,,
A. selalu menolak pendapat orang lain D. Selalu merasa pendapat sendiri paling benar
B. mau menerima pendapat orang lain E. Senang membaca literatur
C. selalu menerima hal-hal yang menjadi masalahl

9. Kemampuan seseorang untuk menangkap informasi dari buah pikiran orang lain disebut .....
A. menafsirkan D. mengumpulkan informasi
B. selalu terbuka E. meramalkan
C. menyimpulkan informasi
10. Pengertian masalah adalah …
A. Peristiwa yang terjadi pada suatu waktu di suatu tempat
B. Problem yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian
C. Kaitan hal-hal yang merupakan sebab akibat
D. Penyebab terjadinya suatu peristiwa.
E. kumpulan berbagai peristiwa yang sejenis.

11. Pernyataan berikut yang merupakan rumusan masalah yang bisa diteliti adalah ..
A. Terjadi banjir besar yang menggenagi 60% kota A
B. Apakah pembangunan pemukiman baru dapat menyebabkan banjir di Kota A?
C. Setelah 5 hari di genangi banjir, banyak warga menderita diare dan gatal-gatal.
D. Banyak warga yang tidak mau pindah dari bantaran kali meskipun telah sering terjadi banjir.
E. Daerah aliran sungai lancar menimbulkan banjir.

12. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan observasi adalah ......
A. Mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang subyek/obyek penelitian.
B. Mendapatkan kesenangan saat mengamati subyek/ obyek penelitian
C. Dapat melepaskan penat
D. Tidak selalu di dapan meja kerja/ laboratorium.
E. belajar sambil bertamasya

13. Budi pergi ke kebun dan banyak bertanya tentang perbedaan salak jantan dan betina. Budi mengambar bentuk bungga masing-masing serta mencoba menghitung jumlah bunga setiap batangnya. Kegiatan observasi budi merupakan bentuk observasi:
A. kualitatif D. preventif.
B. kuantitatif E. kuratif.
C. kualitatif dan kuantitatif

14. Aku tinggal di sebuah kota kecil yang terletak di suatu dataran tinggi. Namun dua tahun belakangan ini pada musim penghujan sering terjadi banjir. Rumusan masalah yang mungkin untuk kasus yang dialami kotaku adalah …
A. Mungkinkah di daerah dataran tinggi terjadi banjir?
B. Apakah tidak mungkin di daerah dataran tinggi terjadi banjir?
C. Apakah pembuangan sampah sembarangan merupakan penyebab terjadinya banjir di kotaku?
D. Sering terjadi banjir di kotaku pada musim-musim penghujan dalam dua tahun terakhir.
E. Hujan menimbulkan banjir

15. Data kuantitatif dapat diperoleh pada pengamatan berikut ini kecuali.......
A. frekuensi denyut jantung D. kecepatan pertumbuhan tanaman
B. kecepatan lari seseorang E. tren mode pakaian
C. frekuensi pernapasan

16 Data kualitatif dapat diperoleh pada pengamatan berikut ini kecuali.......
A. tingkat rasa manis buah mangga D. arah gerak robot
B. tingkat kekeruhan air limbah E. tren mode pakaian
C. tinggi badan siswa satu kelas

17. Hipotesa-hipotesa berikut yang merupakan hipotesa yang menyatakan hubungan adalah..
A. Banjir yang melanda banyak daerah di Indonesia umumnya disebabkan sempitnya daerah tangkapan air.
B. Kemiskinan menjadi sebab penggundulan hutan
C. Ada hubungan antara meningkatnya populasi nyamuk dengan kebersihan kota.
D. Ada perbedaan cara pengelolaan lingkungan di negara-negara maju dan negara –negara berkembang
E. Ada hubungan antara minum teh manis dengan penyakit kencing manis.

18. Dari rumusan masalah : Adakah pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga? Hipotesa nolnya adalah ….
A. Tidak ada pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga.
B. Ada pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga.
C. Tidak ada ukuran buah mangga pengaruh terhadap ketinggian tempat.
D. Ada pengaruh ukuran buah mangga terhadap ketinggian tempat
E. Semakin tinggi pohon mangga semakin kecil buahnya.

19. Hipotesis yang disusun untuk membandingkan nilai antara satu variabel dengan variabel lainnya disebut hipotesis.......
A. hipotesis komparatif D. hipotesis alternatif
B. hipotresis deskriptif E. hipotesis nihil
C. hipotesis asosiatif

20. Andi memiliki 4 batang pohon mangga di halaman rumahnya, Budi 3 batang dan Catur 3 batang juga. Angka angka yang menunjukkkan jumlah pohon mangga tersebut merupakan skala :
A. Ordinal D. Range
B. Interval c.rasio E. faktual

21. Urutan prosedur pengujian hipotesis di bawah ini yang benar adalah ........
1 . menentukan formulasi hipotesis
2. menentukan kriteria pengujiannya
3. menentukan taraf nyata dan nilai tabel
4. melakukan uji statistik
5. menarik kesimpulan
A. 1-2-3-4-5 D. 1-3-2-4-5
B. 1-3-2-5-4 E. 1-4-3-2-5
C. 1-4-2-3-5

22. Suatu penelitian berjudul “ Pengaruh jenis pakan terhadap kecepatan pertumbuhan berat lele dumbo”. Variabel bebas pada peneltian tersebut adalah…
A. lele dumbo D. Kecepatan pertambahan berat badan
B. Jenis pakan E. Pertumbuhan lele dumbo
C. Kecepatan pertumbuhan

23. Dari rumusan masalah : “ Adakah hubungan antara jenis pupuk yang digunakan dengan aroma dan cita rasa strowbery?” Yang bukan merupakan variabel dari rumusan masalah tersebut adalah:
A. Jenis pupuk D. Cita rasa strowbery
B. Aroma strowbery E. Jumlah pupuk
C. Merk pupuk

24. Ringkasan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tulisan disebut..........
A. proposal penelitian D. data penelitian
B. kesimpulan penelitian E. abstraksi
C. laporan penelitian

25. Keilmiahan suatu karya tulis ditentukan oleh hal-hal berikut kecuali:
A. Pendekatannya sistematis dan kumulatif
B. Definisi-definisi yang digunakan tepat
C. Cara pengumpulan informasinya obyektif
D. Banyaknya jumlah halaman
E. banyak menggunakan istilah asing

26. Hal berikut merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan bila akan menulis laporan penelitian
A. Subyek/obyeknya sulit
B. Tersedianya dana yang besar
C. Ada sponsorship yang bersedia menanggung biaya
D. Pembaca dapat memahami dengan jelas / telah dilakukan peneliti, tujuan dan hasilnya.
E. bisa dinikmati oleh siapa saja

27. Kapan kita dapat mulai menulis laporan ?
A. ketika semua data telah terkumpul
B. Bila penelitian telah selesai
C. Sejak awal penelitian
D. Menjelang penelitian telah usai
E. kapan saja bila muncul keinginan

28. Fungsi tabel atau grafik bila dalam suatu laporan ilmiah adalah....
A. Ada dan tidaknya sama saja
B. Memperjelas penyampaian hasil penelitian
C. Termasuk syarat penulisan laporan
D. Lebih ilmiah
E. memperindah tampilan

29. Seorang siswa meneliti perubahan populasi katak di suatu persawahan. Untuk mempermudah dalam memahami hasil penelitian tersebut, siswa tadi sebaiknya menyajikan datanya dalam bentuk.....
A. diagram lingkaran
B. diagram batang
C. diagram pie
D. persentase
E. tabel




30. Seorang peneliti berhasil menguak jumlah konsumen dalam menggunakan produk berbagai jenis handphone. Untuk memudahkan pemahaman publik terhadap hasil penelitian tersebut sebaiknya dipresentasikan dalam bentuk.......
A. diagram lingkaran
B. diagram batang
C. grafik
D. diagram garis
E. tabel

B. Jawablah dengan singkat, benar dan jelas pada lembar jawab yang tersedia!
1. Apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah dan apa hubungannya dengan ilmu pengetahuan?
2. Apakah perbedaan antara fenomena dengan masalah ? Jelaskan !
3. Jelaskan pengertian hipotesa dalam penelitian dan apa manfaatnya ?
4. Apakah yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel tergantung?
5. Apakah yang dimaksud dengan skala nominal dan skala ordinal ?
6. Sebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan instrumen penelitian!
7. Jelaskan bagaimana langkah-langkah dalam pengambilan sampel?
8. Sebutkan langkah-langkah pengolahan data hasil penelitian !
9. Mengapa hasil penelitian perlu ditulis menjadi tulisan ilmiah ? Sebutkan lima dari sepuluh ciri tulisan ilmiah !
10. Apakah perbedaan isi proposal penelitian dengan laporan penelitian ?

KUNCI JAWABAN BAGIAN A :
1. D 2. A 3. D 4. E 5. B 6. C 7. D 8. B 9. A 10. B
11. B 12. A 13. C 14. C 15. E 16. C 17. C 18. A 19. A 20. C
21. D 22. B 23. C 24. E 25. D 26. D 27. C 28. B 29. B 30. A

KUNCI JAWABAN BAGIAN B
1. Jawaban : Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ilmu dapat didefinisikan sebagai proses penyelidikan yang berdisiplin. Pengetahuan (knowledge) adalah sesuatu yang diketahui langsung dari pengalaman, berdasarkan serapan panca indera, dan diolah oleh akal budi secara spontan. Dapat juga dikatakan bahwa pengetahuan adalah segala sesuatu yang dilihat, didengar, dikecap, dicium, diraba dan hadir dalam kesadaran kita. Ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang telah diolah dan disusun secara metodis, sistematis dan koheren. dengan demikian metode ilmiah merupakan rangkaian proses untuk merubah suatu pengetahuan menjadi ilmu, agar pengalaman bisa diungkap kembali secara jelas, rinci dan benar.
2. Jawaban : Masalah adalah kesulitan yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian atau pemecahan. Fenomena adalah sesuatu yang terjadi sebagaimana apa adanya. Ada bagian fenomena yang menjadi masalah atau mendatangkan masalah. Dengan demikian masalah adalah bagian dari fenomena,sedangkan tidak semua fenomena bisa menjadi masalah.
3.Jawaban : hipotesa merupakan jawaban yang bersifat sementara atas masalah penelitian yang kebenarannya masih lemah, sehingga harus diuji. Fungsinya sebagai rumusan sementara atas jawaban permasalahan yang sedang dihadapi dan akan dicari ketegasan kebenarannya.
4. Jawaban : Variabel bebas (independent) adalah variabel yang diduga sebagai penyebab timbulnya variabel lain atau menjadi penyebab bagi variabel lain. Variabel bebas biasanya dimanipulasi, diamati, dan diukur pengaruhnya terhadap variabel lain. Variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas disebut variabel tergantung (dependent). Contoh tergantung masalahnya, dan lebih mudah jika dikaitkan dengan penelitian kuantitatif. Misalnya dalam meneliti pengaruh pemberian pakan ayam terhadap pertumbuhan anak ayam. Jumlah pakan merupakan variabel bebas, dan perubahan berat tubuh anak ayak bisa sebagai variabel tergantungnya.
5. Jawaban : Jawaban : Skala nominal ialah angka yang tidak sesungguhnya, melainkan digunakan untuk mewakili nama. Misalnya binatang apa yang paling kamu sukai? Jawablah angka 1 = kucing, 2 = burung, dst. Angka-angka ini hanya mewakili saja, tidak dapat ditambah, dikurangi, dibagi, dan dilipatkan (dikalikan). Skala ordinal ialah angka yang menunjukkan derajat suatu kategori atau perbedaan kualitas/ kuantitas yang tidak dapat diketahui selisihnya. Misalnya, jika anda bertanya kepada sekelompok orang, apakah anda suka makan bakso? Maka kepada orang yang menjawab suka sekali, kamu beri skor 5, yang jawabannya hanya suka diberi skor 4, yang biasa saja diberi skor 3, yang kurang suka diberi skor 2, dan yang tidak suka diberi skor 1. Angka-angka ini dinamakan skala ordinal
6. Jawaban : Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan instrumen adalah : tingkat kehandalan (reliabilitas) instrumen, sebagai instrumen penelitian sebaiknya yang memiliki reliabilitas tinggi. Validitas atau kesahihan; sensitivitas (kepekaan/ mampu mempertajam perbedaan dalam derajat variasi karakteristik yang diukur); obyektivitas (bebas dari pengaruh kepribadian pengguna); fisibilitas (kelayakan) dalam penggunaan seperti kebutuhan ketrampilan pengguna, waktu dan dana operasionalnya.
7. Jawaban : Langkah-langkah dalam pengambilan sampel yaitu; a) menentukan populasi dan sampling frame, b) memilih cara pengambilan sampel, c) menentukan jumlah sampel, d) memilih elemen sampel, e) melaksanakan pengumpulan data di lapangan.
8. Jawaban : Langkah-langkah analisa data adalah sebagai berikut :
i) Memilah data. Tujuannya untuk memperlancar pelaksanaan selanjutnya. Kegiatan yang terjadi misalnya mengurutkan nomer kuesioner, pemilahan data sesuai lokasi pengumpulan data, dll.
ii) Kontrol kualitas data. Untuk memisahkan data yang kosong atau isian data tidak konsisten. Bila terjadi isian data yang demikian sebaiknya responden didatangi lagi untuk melengkapi isian data. Jika upaya ini tidak berhasil, maka data tidak diproses lebih lanjut, meskipun akan mengakibatkan masalah pada validitas data.
iii) Mengikhtisarkan data (data summarizing). Kagiatan ini bisa dikerjakan dengan manual atau secara komputer. Pada dasarnya langkah ini meliputi kerja untuk mengkategorikan data, membuat kode, dan mengikhtisarkan data pada master sheet.
9. Jawaban : Hasil penelitian tersebut perlu dilaporkan/ dipublikasikan agar hasil penelitianmu dapat diketahui oleh orang lain. Laporan ini merupakan media komunikasi antara seorang peneliti dengan pihak lain. Dengan adanya laporan hasil peneltian penelitianmu dapat mendapat tanggapan dari orang lain, bahkan bisa membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas ilmiah mereka. Penelitian, pemaparan, dan penyelesaiannya haruslah ditulis dalam sebuah tulisan ilmiah. Adapun ciri-ciri tulisan ilmiah adalah :
1. Logis, artinya informasi yang disajikan memiliki argumentasi yang dapat diterima dengan akal sehat.
2. Sistematis, artinya susunannya urut berjenjang dan berkesinambungan.
3. Obyektif atau apa adanya.
4. Tuntas dan menyeluruh, segala masalah dikemukakan secara lengkap, menyeluruh.
5. Seksama, menghindarkan diri dari berbagai kekeliruan, sampai sekecil-kecilnya.
6. Jelas, baik dari segi alur berpikir, istilah bahasa, dan grafis.
7. Kebenarannya teruji.
8. Terbuka, apa yang dikemukakan dapat berubah bila ada pendapat baru yang diakui kebenarannya relevan dengan tulisan itu.
9. Berlaku umum, kesimpulan-kesimpulannya berlaku untuk semua populasinya.
10. Penyajiannya menggunakan santun bahasa dan tata tulis yang baku
10. Jawaban : Isi laporan penelitian pada hakekatnya merupakan kelanjutan dari isi proposal penelitian. Yang membedakan adalah pada isi laporan penelitian dilengkapi dengan Hasil Penelitian dan Pembahasan.

Soal persiapan untuk TS gasal (Limbah/ polusi)

EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 200....200....

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : II/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : _________________________
WAKTU : ________________(90 menit)


A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!

1. Proses penguraian bahan organik yang dilakukan oleh mikroorganisme disebut .........
A. asimilasi D. katabolisme
B. biodegradasi E. anabolisme
C. metabolisme
2. Cara mengidentifikasi polusi air dilakukan dengan berbagai cara, kecuali ….
A. menguji kandungan bahan organik D. mengukur populasi bakteri
B. menguji kecepatan aliran sungai E. mengukur intensitas bau
C. menguji tingkat kekeruhan air
3. Kondisi perairan yang alirannya lambat dan banyak polutan yang terurai sehingga perairan menjadi subur disebut ….
A. autotrof D. Kemoautotrof
B. eutrofikasi E. entrofi
C. heterotrofi

4. Berikut ini adalah dampak pencemaran lingkungan perairan kecuali ….
A. peningkatan suhu air D.bertambahnya oksigen
dalam air
B. penurunan oksigen terlarut E. kekeruhan air
C. meningkatnya bahan organik
5. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuangan air limbah, kecuali ….
A. tidak boleh mengotori air tanah dan air permukaan
B. tidak boleh terbuka karena merupakan sarang penyakit
C. tidak boleh menyebabkan bau
D. pembuangan harus terbuka agar air cepat menguap
E. tidak boleh menggenang sembarangan
6. Karbon Monoksida (CO) merupakan polutan udara yang dapat menyebabkan ….
A. gangguan respirasi manusia D. Terbentuk hujan asam
B. peningkatan suhu udara E. Batuk berdarah
C. korosi pada logam
7. Penumpukan limbah berbahaya pada organisme akuatik paling tinggi terdapat pada .....
A. rumput laut D. ikan teri
B. udang E. penyu
C. ikan hiu
8. Di danau atau bendungan yang dipakai untuk keramba kadang-kadang mengalami musibah kematian ikan dalam jumlah besar, hal ini disebabkan....
A. adanya penyebaran racun oleh pencuri D. adanya gas beracun hasil biodegradasi sisa pakan
B. penurunan julmah air E. penaikan suhu air akibat sinar matahari
C. adanya limbah beracun yang memasuki perairan
9. Peningkatan jumlah sinar ultra violet ke bumi dapat membahayakan kesehatan manusia, yaitu ….
A. kanker kulit D. Mutasi genetik
B. kanker paru-paru E. oedema paru-paru
C. iritasi mata
10. Gas berkut ini yang termasuk pencemar primer pada udara adalah ....
A. SO3 D. CO2
B. NO2 E. CO
C. NH3
11. Berikut ini yang bukan dampak dari kejadian pemanasan global adalah ......
A. pencairan salju di kutub D. Penurunan kadar garam di pesisir
B. perubahan iklim global E. pelepasan karbon dalam tanah
C. perubahan siklus hidup flora dan fauna
12. Jumlah sampah yang dihasilkan ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini, kecuali :
A. standar hidup D. cara pengelolaan sampah
B. musim dan waktu E. pengolahan sampah
C. kebiasaan hidup masyarakat
13. Bahan atau sisa pengelolaan yang tidak mudah membusuk dalam penanganan limbah diistilahkan dengan :
A. Garbage D. Dead animal
B. Rubbish E. Industrial waste
C. Ashes
14. Pembakaran sampah secara besar-besaran melalui fasilitas pabrik yang khusus dibangun untuk itu, dinamakan :
A. Inceneration D. Sanitary landfill
B. Composting E. Dumping
C.Landfill
15. Yang dimaksud dengan “Recycling” adalah :
A. Pembuangan sampah di tempat yang rendah
B. Pembakaran sampah yang dilakukan secara perorangan
C. Pengolahan sampah dengan maksud dipakai kembali menjadi barang siap pakai
D. Pembuangan sampah dengan cara menimbun
E. Pengolahan sampah menjadi pupuk
16. Radiasi ultra violet yang paling berbahaya bagi makhluk hidup ditimbulkan oleh .......
A. UV-A D. UV-D
B. UV B E. UV- E
C. UV-C
17. Indikator yang digunakan untuk evaluasi penentuan derajat pengotoran air limbah secara kimiawi, adalah :
A. warna dan endapan D. bakteri E. Coli
B. COD dan bakteri E.Coli E. BOD dan COD
C. BOD dan endapan
18.Senyawa perusak ozon yang paling awet keberadaannya di udara adalah .....
A. Halon 1301 D. CFC-13
B. CFC-11 E. CFC-14
C. CFC-12
19. Pengolahan limbah cair dengan cara memasukkan ke dalam tempat menyerupai sumur disebut :
A. pengenceran D. seepage pit
B. septik tank E. riool
C. cesspool
20. Tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lapisan ozon antara lain.....
A. meningkatkan penggunaan parfum model aerosol
B. meningkatkan penggunaan parfum model roll on
C. mengurangi penggunaan parfum model aerosol
D. mengurangi penggunaan parfum model roll on
E. menggunalkan parfum non alkohol
21. Berikut ini termasuk cara penanganan limbah secara sederhana, kecuali....
A. pengomposan D. pembakaran
B. penumpukan E. sanitary landfill
C. produksi biogas
22. Berikut ini merupakan salah satu syarat untuk menentukan tempat pengumpulan sampah yaitu.....
A. konstruksinya kuat & tidak bocor D. terdapat pintu masuk dan pintu keluar
B. ukurannya tidak terlalu besar E. mudah dibuka dan ditutup
C. mudah diangkat ole satu orang

23. Berikut ini adalah syarat tempat pembuangan sampah, kecuali....
A. lokasi mudah dicapai oleh pejalan kaki D. lokasi jauh dengan pemukiman
B. lokasi jauh dari sumber air E. lokasi jauh dengan kegiatan perekonomian
C. lokasi harus yang bebas banjir
24. Yang bukan termasuk cara pengolahan air limbah secara alami adalah ....
A. kolam anaerob D. kolam fakultatif
B. kolam maturasi E. kolam aerob
C. IPAL
25. Yang bukan termasuk tertiary treatment dalam pengolahan limbah cari adalah ....
A. anaerobic digestion D. Penurunan mineral Fe atau Mn
B. filtrasi E. adsorbsi
C. osmosis bolak-balik
26. Jenis mikrobia yang mampu memecah selulosa paling baik adalah...
A. Methano bacillus D. Methano sarcina
B. Trichoderma E. Methano coccus
C. Methano bacterium
27. Berikut ini adalah jenis mikrobia yang mampu menghasilkan biogas kecuali ...
A. Methano bacillus D. Methano sarcina
B. Trichoderma E. Methano coccus
C. Methano bacterium
28. Gas yang dihasilkan dari fermentasi limbah organik adalah.....
A. metanol D. metena
B. etanol E. metana
C. etana
29. Bahan kimia yang digunakan untuk proses pulping agar dihasilkan jenis kertas kraf adalah....
A. Kaustik soda & Sodium sulfat D. Kalsium sulfat & Sodium sulfat
B. Kaustik soda & Amonium sulfit E. Sodium sulfat & Asam sulfat
C. Amonium sulfit & Sodium sulfat
30. Pada proses penanganan limbah gas dengan metode lime slurry scrubbing terjadi reaksi kimia sebagai berikut :
A. CaCO3 + SO2 → CaSO3 + CO2 D. Na2SO3 + H2O + SO2 → 2 NaHSO3
B. Ca(OH)2 + SO2 → CaSO3 + H2O E. NaOH + SO2 → Na2SO3 + H2O
C. Mg(OH)2 + SO2 → MgSO3 + H2O

B. Jawablah pertanyaan dengan singkat dan tepat !
1. Jelaskan pengaruh polusi air terhadap kualitas hidup manusia !
2. Berikan contoh penyakit yang timbul karena bakteri patogen akibat polusi air !
3. Bagaimana proses terjadinya hujan asam, dan pemanasan global ?
4. Bagaimana pengaruh oksigen dalam kehidupan di perairan ?
5. Jelaskan tiga hal pokok yang harus diperhatikan dalam penangan limbah padat !
6. Sebutkan indikator-indikator yang dapat mendeteksi adanya pencemaran oleh air limbah !
7. Apa yang kamu ketahui tentang : Sampah organik dan Sampah anorganik ?
8. Sebutkan cara-cara pemusnahan sampah yang benar !
9. Hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses pengomposan sehingga diperoleh kompos yang baik ?
10. Apa yang dimaksud dengan C/N ratio ? jelaskan pengaruhnya terhadap proses pengomposan !

KUNCI JAWABAN :
Bagiamn A:
1. B 2. B 3. B 4. D 5. D 6. A 7. C 8. D 9. A 10. E
11. D 12. E 13. B 14. A 15. C 16. C 17. E 18. A 19. E 20. C
21. C 22. D 23. A 24. C 25. A 26. B 27. B 28. E 29. A 30. B